Bagi Mereka yang Rentan Terinfeksi Omicron, Ada Tujuh Cara Tangkalnya

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Kondisi keadaan situasi terkini, Indonesia kembali dihadapkan pada lonjakan tinggi kasus Covid-19 akibat varian Omicron.

Meski tidak ada batasan usia, orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (seperti asma, diabetes, penyakit jantung, atau tekanan darah tinggi) lebih rentan untuk menderita sakit parah saat terinfeksi Covid-19.

Untuk mencegah hal mengerikan terjadi, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai upaya menangkal penularan Omicron. Apa saja?

1. Mendapatkan Vaksin Booster

Vaksin booster atau dosis ketiga merupakan salah satu cara untuk mencegah varian Omicron.

Tambahan dosis ini sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari risiko terpapar virus COVID-19, termasuk Omicron yang penularannya sangat cepat.

Perlu diketahui, sejumlah riset menunjukkan bahwa titer antibodi yang didapatkan masyarakat pasca vaksinasi COVID-19 mengalami penurunan, sehingga dibutuhkan vaksin booster untuk memberikan perlindungan tambahan.

Meskipun demikian, vaksin booster saat ini masih diprioritaskan untuk kelompok rentan, yaitu lansia (lanjut usia) dan orang dengan penyakit bawaan atau komorbid. Setelah itu, barulah masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas dan telah mendapatkan vaksin dosis lengkap (1 dan 2) dengan jarak 6 bulan bisa mendapat vaksin booster.

2. Ikuti Aturan Setelah Bepergian

Usai bepergian ke luar negeri maupun ke tempat yang dikunjungi, sangat penting untuk seseorang mentaati aturan melakukan isolasi mandiri. Selain itu, wajib menjaga jarak saat turun dari transportasi dan juga menaati panduan COVID-19 dari otoritas lokal saat tiba di bandara, stasiun, atau pelabuhan.

3. Jangan Lupa Mencuci Tangan

Cara mencegah varian Omicron berikutnya adalah rutin mencuci tangan. Cara ini terdengar sangat sederhana, namun memberikan dampak yang sangat besar. Sering mencuci tangan dapat mencegah risiko penularan virus COVID-19, termasuk Omicron. Bahkan, mencuci tangan dengan sabun ataupun hand sanitizer dapat membunuh kuman penyakit yang menular melalui tangan.

4. Menjaga Pola Hidup Sehat hingga Konsumsi Makanan Bergizi

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti buah, sayur, dan vitamin dengan pola yang teratur. Jangan lupa juga untuk rutin melakukan aktivitas fisik di rumah, seperti yoga, bersepeda, atau sekadar berjalan kaki di sekitar rumah selama 15 menit.

 Sebab, cara-cara ini berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh agar terhindar dari risiko terpapar virus Corona, termasuk Omicron.

5. Memakai Masker Cara mencegah varian Omicron berikutnya adalah selalu menggunakan masker apabila berpergian keluar rumah atau ke tempat keramaian. Pasalnya, menggunakan masker dapat mengurangi risiko penularannya.

Komentar