Benny Susetyo : Pancasila Itu Keren, jadikan kaum muda Partner pembumian pancasila yang aktual dan efektif

Benny menutup paparannya dengan menyatakan bahwa sudah waktunya menjadikan anak muda sebagai subjek bukan objek ,sehingga Pancasila tidak hanya terbumikan secara doktrinal namun benar benar masuk dan dilaksanakan dalam kehidupan bangsa Indonesia ,sebagai modal untuk mengembangkan dan merayakan semua potensi yang dimiliki bangsa Indonesia.

Pembicara selanjutnya anggota DPR -RI 1 bapak Idham Samawi memulai paparannya dengan menanyakan bahwa memgapa belum ada narasi mengapa harus pancasila? Jawabannya adalah Negara ini sudah melalui 77 tahun usianya,Nusantara pra indonesia yang berisi ratusan budaya,suku dan bahasa kerap terjadi gesekan gesekan dan setelah kita merdeka, sampai saat ini tidak ada gesekan yang menimbulkan perpecahan ,itu semua terjadi karena Pancasila sesungguhnya telah menjadi kenyataan hidup kita berbangsa dan bernegara ,dan tidak ada ideologi lain yang mampu menjaga Bangsa ini dari perpecahan.

Pancasila juga selaras dengan seluruh kebudayaan di Indonesia karena bung Karno menggalinya dari nilai nilai kehidupan ,budaya dan agama di Indonesia maka tidak ada ideologi dan dasar lain yang cocok untuk negara ini selain Pancasila.

Kita harus mewujud nyatakan Pancasila dari lingkungan terkecil masyarakat yaitu keluarga ,bukan dengan menghapalkan saja namun juga melaksanakan nilai nilai pancasila dalam kehidupan Sehari hari

Dalam diskusi yang dilaksanakan secara live di kanal youtube info Nawacita itu Habib Zein Assegaf Sebagai narasumber smengatakan bahwa penggali nilai nilai pancasila merupakan jenius yang mampu mengcapture segala nilai yang baik dan berguna dalam masyarakat.hendaknya kita berani dan tidak basa basi untuk menjaga dasar negara kita hingga Keberadaban dan Keharmonisan di Negara ini tetap terjaga walaupun memiliki banyak perbedaan.

hendaknya perbedaan perbedaan tersebut tidak dipertajam hingga membuat kita terpecah belah dan mudah dipecah belah oleh pihak asing , di era yang penuh hoaks dan berita bohong ini Pancasila dapat menjadi penawar dan jawaban untuk mengembalikan keramahan dan kedamaian yang menjadi ciri khas bangsa indonesia

Hari Dharsono sebagai Narasumber menyatakan bahwa perlu adanya usaha yang jelas dalam pembumian Pancasila kepada generasi muda nilai nilai luhur kehidupan Pancasila sebenarnya tidak hanya hidup dan berkembang di Indonesia namun juga di negara lain ,negara negara maju tidak membicarakan Indonesia namun melaksanakan Pancasila itu dengan menjadi manusia yang berperikemanusiaan, ini yang membuat seharusnya para pemuda bangga bahwa nilai nilai luhur yang bersumber dari budaya mereka juga dihidupi dan dihadirkan secara nyata dalam kehidupan berkemanusiaan di negara lain.

Kita harus bisa membranding Pancasila sebagai hal yang menarik dan perlu dilaksanakan dalam kehidupan karena pancasila merupakan Identitas asli negara Indonesia dan modal dasar dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Belajar dari masa lalu hendaknya kita selalu berpegangan pada Pancasila hingga peristiwa peristiwa seperti di 1965 dan 1998 tidak lagi terjadi karena Persatuan dan Kesatuan kita tetap kuat terjaga. Ujar Hari menutup diskusi publik yang dilaksanakan secara Hybrid melalui aplikasi zoom, kanal Youtube dan Luring itu

Komentar