Headline

Berita Duka! Doni Monardo, Tokoh Penanganan Covid-19 Tutup Usia

Beno
×

Berita Duka! Doni Monardo, Tokoh Penanganan Covid-19 Tutup Usia

Sebarkan artikel ini

JurnalPatroliNews – Jakarta – Letnan Jenderal Purnawirawan Doni Monardo Hari ini, Indonesia kehilangan salah satu tokoh penting dalam penanganan bencana dan pandemi. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Siloam, Semanggi, Jakarta, pada pukul 17.35 WIB, meninggalkan sejumlah jejak prestasi dan pengabdian.

Telah meninggal dunia Letjen Purn DR HC Doni Monardo, (Kelahiran 10 Mei 1963) pada hari Ahad 3 Desember 2023 pukul 17.35 WIB,” kata Staf Khusus Kepala BNPB 2019-2021 Egy Massadiah, (3/12/2023).

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

Setelah menyelesaikan tugasnya di BNPB dan Satgas Covid, Doni dipercayakan sebagai Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) oleh Menteri BUMN Erick Thohir, sesuai hasil Rapat Umum Pemegang Saham pada Juni 2021. Peran pentingnya terus berlanjut sebagai anggota gabungan independen pencari fakta Tragedi Kanjuruhan di bawah Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD pada Oktober 2022.

Karir Doni Monardo dimulai dari tugas militer, di mana ia pernah menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Lulusan Akademi Militer tahun 1985 ini kemudian bertugas di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dari 1986 hingga 1998, sebelum dipindahkan ke Paspampres pada 2001 hingga 2004.

Perjalanan karirnya terus berlanjut, termasuk penugasan di Makassar, Sulawesi Selatan, dan kemudian dipromosikan menjadi Dan Grup A Paspampres hingga 2010. Doni Monardo juga memiliki pengalaman sebagai Danrem 061 Surya Kencana Bogor, Wadanjen Kopassus, Pangdam XVI/Pattimura, Pangdam III/Siliwangi, dan Sekretaris Jenderal Wantannas sebelum akhirnya dilantik sebagai Kepala BNPB pada 2019.

Kepergiannya meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia yang mengenang dedikasi dan jasa besar Doni Monardo dalam mengatasi berbagai krisis, terutama pandemi Covid-19. Semoga beliau beristirahat dengan tenang, dan warisan pengabdiannya terus diingat sebagai inspirasi bagi generasi mendatang.

Penulis: /*BasEditor: Beno