Bisa Jadi Upacara 17 Agustus Terakhir di Jakarta, Jokowi: 2024 di IKN

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pembangunan Istana di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur ditargetkan rampung pada tahun 2024 mendatang. Artinya perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesian ke 78 pada hari ini Kamis, (17/8/2023) bisa jadi yang terakhir dilakukan di Jakarta.

Presiden Joko Widodo pun angkat suara mengenai hal ini. Ia belum memastikan tapi kemungkinan bakal upacara di IKN.

“Insya Allah tahun depan sudah di IKN, kita lihat nanti,” kata Jokowi kepada wartawan saat ditanya apakah ini menjadi upacara terakhir di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023).

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur masih sesuai rencana. Progres konstruksi saat ini mencapai 36%. Khusus untuk Istana Kepresidenan dan kantor presiden di targetkan rampung pada pertengahan tahun depan.

“Sedangkan Istana Negara dan Kantor Presiden akan selesai pada Juli 2024. Insyaallah jika Presiden berencana upacara pada 17 Agustus 2024, sudah bisa,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam keterangan dikutip, Kamis (17/8/2023).

Pada kawasan istana memiliki plaza yang luas sehingga bisa digunakan sebagai lokasi upacara. tidak hanya istana, pada pembangunan IKN tahap 1 Kementerian PUPR juga mengejar penyelesaian Penataan Sumbu Kebangsaan.

Komentar