INACA Ungkap Fakta Penyebab Harga Tiket Pesawat Naik Gila-gilaan Karena Avtur Melonjak 170 Persen

JurnalPatroliNews – Jakarta – Ketua Umum Indonesia National Air Carrier Association (INACA) Denon Prawiraatmadja mengungkap penyebab naiknya harga tiket pesawat selain karena avtur. Menurut dia penyebab lainnya adalah fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar membuat maskapai menanggung ongkos operasional yang lebih besar.

Sebab fluktuasi kurs ini akan berpengaruh terhadap biaya sewa pesawat dari lessor. “Komponen harga tiket pesawat itu kan 60 persen itu dari leasing dan avtur,” ujar Denon saat dihubungi pada Jumat, 19 Agustus 2022.

Selain itu, kelangkaan jumlah pesawat turut menjadi penyebab harga tiket melonjak. Selama pandemi Covid-19, pesawat milik maskapai tak sedikit dikembalikan ke lessor akibat tak beroperasi. Ada pula sejumlah pesawat yang dikandangkan. Pesawat-pesawat yang sebelumnya tidak beroperasi ini perlu melakukan perawatan kembali.

“Pesawat yang dalam kurun waktu 1 tahun lebih tidak beroperasi harus dapat pengecekan dari MRO (maintenance, repair, and overhaul) untuk bisa layak terbang kembali,” ucap Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia itu.

Denon memastikan maskapai bakal mendukung pemerintah menstabilkan harga tiket pesawat. Kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi beberapa waktu ke belakang dianggap ikut berpengaruh terhadap seat load factor atau tingkat keterisian maskapai

Presiden Joko Widodo alias Jokowi sebelumnya memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk mendorong maskapai menambah jumlah pesawat. Jokowi mengaku acap mendengar keluhan tersebut dari masyarakat soal tiket pesawat mahal.

Komentar