Jeffrey Bomanak : Perjuangan Papua Murni dari Rakyat, Bukan Karena Benny Wenda

Jurnalpatrolinews – Jayapura : Benny Wenda yang didaulat sebagai Presiden dalam Pemerintahan Sementara dianggap gagal dalam membebaskan Bangsa Papua dari praktik kolonialisme, kapitalisme, imperialisme, ataupun feodalisme.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Organisasi Papua Merdeka, Jeffrey Bomanak, menanggapi deklarasi yang dilakukan oleh Benny. Lebih lanjut Jeffrey mengatakan kalau Benny dan ULMWP telah membodohi rakyat Papua karena belakangan ramai muncul serangkaian dukungan yang cukup masif. Namun Jeffrey menganggap bahwa upaya tersebut hanyalah sebuah bentuk propaganda yang sengaja diciptakan oleh kroni-kroni ULMWP.

“Kalau kita berkaca dari pengalaman, hal-hal seperti ini tidak lepas dari desakan ULMWP. Mereka mendesak pengurus di wilayah-wilayah untuk melakukan deklarasi dukungan. Ya, itu hanya cara mereka. Padahal tidak ada rakyat yang benar-benar tulus mendukung Benny dan ULMWP,” ujarnya. (14/12)

Ditambahkan oleh Jeffrey bahwa ia berpendangan jika ULMWP justru membawa angin ribut dan merugikan rakyat Papua. ULMWP dalam aksi-aksinya dijabarkan selalu kontra dengan berbagai fraksi perjuangan lain di Papua. Tidak hanya itu, kata Jeffrey, ULMWP telah mempecah belah suara perjuangan Papua.

“Meskipun ULMWP seperti itu adanya, tapi tidak akan pernah terjadi, setiap kebencian dan rencana jahat dari pihak lawan (ULWMP) tidak akan pernah bisa menghancurkan perjuangan Papua. Ya, memang selama ini ULMWP adalah kelompok yang terus membuat provokasi dalam berbagai alasan-alasan,”

Ketika kembali ditanyai pendapat tentang deklarasi sebelumnya, Jeffrey malah mempertanyakan soal efektifitas ULMWP dalam perjuangan Papua. Dia juga meragukan capaian-capaian yang disibukkan oleh ULMWP.

“Tidak ada yang merasakan apakah keberhasilan pemerintahan sementara, apakah ada aktifitas berkantor atau tetap sama saja seperti waktu-waktu yang lalu?” tanya Jeffrey. Dia juga menyidir Benny Wenda yang bahkan tidak berani hanya untuk datang ke Papua.

“Kalau benar dia Presiden, maka datang ke papua. Memangnya sekarang dia dimana? Sebagai Presiden dia berkantor dimana? Papua atau inggris? Perjuangan ini murni dari rakyat, bukan mereka-mereka yang hanya mencari nama ataupun kekayaan pribadi,” tambahnya.

Diakhir kesempatannya, Jeffrey meminta kebersamaan dan kesadaran seluruh komponen rakyat Papua untuk mendukungan secara penuh setiap agenda dari TPNPB-OPM sebagai organisasi induk perjuangan dan tidak terpancing provokasi ataupun propaganda oleh kelompok tidak jelas seperti ULMWP.  (Ind Paper)

Komentar