Jenderal Dudung Ulang Tahun, Ketua Umum SMSI Firdaus: Semoga Sehat dan Tercapai Cita-Citanya

“Kami mengucapkan selamat ulang tahun untuk Bapak Jenderal Dudung. Semoga sehat, panjang umur, dan tercapai apa yang dicita-citakan,” ucap Ketua Umum SMSI Firdaus, Sabtu, 19 November 2022.

Walaupun menjadi militer berprestasi, sukses dalam berbagai tugas kemiliteran, Jenderal Dudung tidak lupa dengan pers. Dia mau menjadi Ketua Dewan Pembina SMSI Pusat. 

Dia tidak melupakan masa remajanya yang dekat dengan pers. Kegiatan pers, salah satunya mendistribusikan koran, ia tekun sebagai loper koran di Cikapundung, Bandung. Selain itu dia juga membantu ibunya menjual klepon. 

Cerita hidup Dudung telah ditulis dalam buku memoar karya Imelda Bachtiar berjudul “Loper Koran Jadi Jenderal, Seni Memimpin Jenderal TNI Dudung Abdurachman” (Penerbit Buku Kompas, 2022). 

Diceritakan dalam buku memoarnya (halaman XXII), dan juga dalam tulisan kolom Mohammad Nasir di Kompas.com (26/7/2022) berjudul Cikapundung, Bandung, dan Jenderal Dudung, bahwa sosok KASAD masa kecil digambarkan sebagai anak yang taat pada orangtua. 

Dia mau membantu memenuhi kebutuhan keluarga dengan menjadi loper koran dan berjualan klepon. 

Ada cerita menarik. Pada suatu pagi Dudung mengantar kue tampah di lingkungan dalam Markas Kodam III/Siliwangi. “Semua tamtama di pos penjagaan telah mengenalnya dengan baik. Maka ia terbiasa menjunjung tampah penuh kue melewati pos jaga, hanya diiringi suara permisi dan kepala mengangguk. Sayang hari itu ada seorang tamtama baru selesai pendidikan yang berjaga di pos jaga,” tulis dalam memoar itu. 

“Kamu kok tidak izin masuk,” kata tamtama itu. Sebelum Dudung sempat menjawab, tamtama itu menyenggol keras tampah yang penuh klepon itu. Tampah pun tumpah, klepon menggelinding kemana-mana, kotor dan tidak bisa dijual. 

Dalam kejengkelan hatinya, sambil berjongkok memunguti klepon, dia bertekad akan menjadi perwira tetapi tidak akan semena-mena kepada rakyat seperti tamtama itu.

Dudung, anak nomor enam dari delapan bersaudara itu lalu masuk Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) di Magelang tahun 1985 dan lulus tepat waktu. 

Komentar