Kemaren Dipimpin Pa Amien Linier Saja, SB Ingin PAN Lakukan Lompatan Besar di 2024

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Ketua Dewan Kehormatan (Wanhor) Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir (SB) mengaku senang dengan pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam perayaan HUT PAN ke-22 mengenai lompatan besar. Menurutnya, PAN juga harus melakukan lompatan besar di 2024, terlebih pasca kondisi yang tidak biasa seperti Kongres V PAN pertengahan Februari 2020 lalu dan juga pandemic Covid-19.

Di awal sambutan, SB memuji kehebatan Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dalam memimpin PAN di periode pertama dan atas izin Tuhan untuk 5 tahun ke depan karena telah mewakafkan waktu dan juga hartanya untuk PAN. Dia pun sangat senang karena ada persahabatan yang luar biasa dengan Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Hatta Rajasa setelah 20 tahun lebih di PAN.

“Saya merasakan Bang Hatta, begitu human, sering telepon saya, bahkan tadi sudah di sini telpon saya, sudah di mana? belum pernah terjadi itu. Maka saya yakin, kader seluruh Indonesia, kami yang pernah jadi ketum, saya dan ketum dan Insya Allah Pak Amien dan sekarang dimpimpin Zulkifli Hasan akan membawa manfaat yang besar bagi PAN di seluruh Indonesia,” kata SB di Kantor DPP PAN yang baru di Jalan Amil No. 7, Kalibata, Pancoran, Jakarta, Minggu (23/8/2020).

SB menuturkan, dia tidak akan menyampaikan tausiyah melainkan hanya menyimpulkan apa yang disampaikan oleh para tokoh Muhammadiyah dan apa yang disampaikan Presiden Jokowi. Dia mengaku senang dengan narasi Jokowi soal melakukan lompatan kemajuan. Karena itu, dia mengajak para mantan Ketum PAN dan Ketum PAN bahwa PAN harus membuat lompatan-lompatan yang mana, lompatan kemajuan itu bisa terjadi apabila ada krisis, dan bila linier saja susah melakukan lompatan.

“Ada krisis, ada peristiwa-peristiwa sebelumnya di acara perhelatan kongres kemarin, ini saya yakin akan menjadi lompatan buat PAN yang mungkin kemarin linier saja di bawah pimpinan Pak Amien, saya, Bang Hatta dan Bang Zul yang pertama, suatu keadaan yang luar biasa seperti pandemi ini, maka kita bisa membuat lompatan kemajuan dalam PAN,” ujarnya.

Menurut SB, lompatan kemajuan itu bisa dibuat roadmap-nya, sayangnya sering kali terlupa untuk membuat roadmap atau agenda bagaimana PAN membuat lompatan besar. Jadi, kalau kemarin PAN hanya bisa memperoleh sekitar 50-an kursi DPR RI, kenapa tidak jika PAN bisa melompat ke partai yang memiliki 80 kursi.

“Apa susahnya, apa sulitnya dan itu sudah terjadi di beberapa tempat, DKI saudara Eko (Eko Patrio) membuat lompatan, dan dia mengejutkan kita semua dengan kursi yang tiba-tiba 9, bayangkan saya aja kalah sama Eko, dan itu terjadi di daerah-daerah lain,” terang SB.

Mantan Ketum PAN ini yakin bahwa PAN bisa melakukan lompatan besar karena, sejak peristiwa Kongres V PAN kemarin, Ketum sudah bisa merangkul semua dan itu ditunjukkan oleh orang yang datang ke acara hari ini. Terlebih, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti mengatakan bahwa Ketum PAN memiliki kemampuan merangkai kader PAN.

“Khususnya saya dan Bang Hatta yang mantan ketum betul-betul memikirkan kalau bicara per telepon dan bertemu bagaimana kami yang mantan ketum ini bisa berkontribusi untuk PAN di 2024 dengan lompatan kemajuan,” ucap mantan Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) itu.

“Mudah-mudahan pandangan yang ringan dan apa yang disampaikan dari hati sanubariku ini mudah-mudahan bisa menjadi pedoman buat seluruh kader yang mendengarkan di seluruh Tanah Air. Kita ke depan khususnya 2024 kita akan membuat lompatan besar, jangan katakan kita tidak bisa mencapai perolehan 80 kursi, ada contohnya di luar, partai teman kita yang 3 di bawah kita bisa 80-an,” harap SB.(lk/*)

Komentar