Masih Diragukan! Presiden Joe Biden Tak akan Hadiri KTT ASEAN di Jakarta, Ada Apa…?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden kemungkinan tidak akan menghadiri pertemuan puncak (KTT) ASEAN di Jakarta pada bulan depan.

Kendati begitu, Biden akan menghadiri KTT G20 pada 9-10 September 2023 di India, dan segera mengunjungi Vietnam. Sementara kehadirannya untuk KTT ASEAN pada 5-7 September 2023 masih diragukan.

Mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut, Biden telah memberi informasi kepada Indonesia mengenai ketidakhadirannya.

“Kami masih mengusahakannya. Kami mungkin akan segera mengatakan lebih banyak tentang itu,” ujar seorang pejabat Gedung Putih ketika ditanya apakah Biden tidak akan menghadiri KTT ASEAN.

Dimuat Reuters, beberapa diplomat ASEAN mengatakan akan sangat mengecewakan jika Biden tidak hadir, mengingat publik menekankan pentingnya hubungan dengan wilayah tersebut oleh pemerintahannya.

Seorang diplomat senior menyebut Indonesia telah menjadwalkan KTT ASEAN, yang biasanya diadakan pada November, untuk September, khusus untuk memungkinkan Biden hadir dan melanjutkan kunjungan ke KTT G20.

Sumber lain menyebut, Biden akan mengirim Wakil Presiden Kamala Harris untuk menggantikannya.

Komentar