Namanya IKN Nusantara, Jokowi Klai : Proyek Terbesar Sedunia Cuma di RI

JurnalPatroliNews – Kaltim – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan proyek pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Menurutnya, proyek ini akan menjadi sentra ekonomi baru.

Jokowi juga mengklaim IKN Nusantara merupakan proyek terbesar yang ada di dunia saat ini.

“Kita juga berani buka sentra ekonomi baru yaitu IKN. Di dunia sekarang ini proyek terbesar yang ada itu cuma satu di Indonesia, yang namanya Ibu Kota Negara Nusantara,” beber Jokowi dalam Munas REI 2023, di Sheraton Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (9/8/2023).

Jokowi pun menawarkan kepada para pengusaha untuk bisa ikut membangun dan mengembangkan IKN. Katanya, sudah ada 34 ribu hektare tanah yang bisa dibeli di ibu kota baru.

Kebetulan dalam acara itu ada Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara Dhony Rahajoe. Jokowi bilang bagi pengusaha yang berminat bisa langsung menanyakan harganya ke Dhony dan jajaran Otorita IKN.

“Ini ada pak Dhony dari otorita IKN, Per 27 juli yang lalu, 34 ribu hektare lahan sudah bisa dibeli. Dibeli itu, nggak ada gratisan di sana. Harganya berapa? Tanya ke Otorita, ini peluang,” kata Jokowi.

Jokowi mengaku senang dengan perkembangan properti di Indonesia. Menurutnya, di tengah perlambatan ekonomi global, sektor properti, real estat, dan konstruksi menjadi sektor yang tangguh.

Sektor ini juga dinilai cukup tahan banting dan kompetitif. Kontribusi sektor properti di 2018-2022, menurut Jokowi setiap tahunnya mencapai Rp 2.300-2 800 triliun.

“Sangat besar sekali. Ini memberikan kontribusi dari 16% dari PDB ekonomi kita, besar sekali. Tenaga kerja yang tersangkut dalam perputaran ekonomi di REI mencapai 13-19 juta orang. Sangat banyak sekali,” papar Jokowi.

Komentar