Pastikan Kehadiran di KTT G20 Bali, Presiden Jokowi Telepon Presiden Komisi Eropa

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Jokowi menyatakan telah berbicara dengan Presiden Komisi Eropa, Ursula Gertrud von der Leyen, melalui hubungan telepon pada Jumat malam tadi. Dalam percakapan di telepon itu, Jokowi hendak memastikan kehadiran mantan Menteri Pertahanan Jerman itu di Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali.

“Menghargai dukungan penuh Komisi Eropa terhadap Presidensi G20 Indonesia. Sampai jumpa di Bali, Presiden von der Leyen,” cuit Jokowi melalui akun media sosial resminya @Jokowi, Sabtu, 5 November 2022.

Di lain pihak, Presiden Komisi Eropa Ursula Gertrud von der Leyen juga membenarkan obrolannya dengan Jokowi tengang KTT G20 yang akan digelar pada 15 – 16 November 2022. Dalam pembicaraan di telepon itu, von der Leyen menyebut pihaknya dan Indonesia berusaha agar KTT berjalan lancar

“G20 harus melangkah untuk mengatasi tantangan zaman kita. Pangan, iklim, ekonomi global dan dampak perang Rusia melawan Ukraina di seluruh dunia,” cuit von der Leyen di akun resminya @vonderleyen.

Sejumlah pertemuan bilateral sudah dijadwalkan

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut tingkat kehadiran pemimpin dunia dalam KTT G20 di Bali sangat tinggi. Retno mengatakan para tamu undangan G20 bakal mulai berdatangan ke Bali pada 13 dan 14 November 2022. Mereka baru akan meninggalkan Bali tepat setelah KTT G20 selesai pada 16 November 2022.

“Karena sebagian dari pemimpin itu juga akan terbang menuju Bangkok untuk hadir KTT APEC,” kata Retno.

Dalam KTT G20 nanti, Retno mengatakan ada sekitar 18-20 negara yang akan melakukan pertemuan bilateral. Salah satu negara yang akan melakukan pertemuan bilateral dengan Indonesia itu, kata Retno adalah Amerika Serikat.

Komentar