Pembangunan Tahap Awal IKN Melaju Pesat, Capai 80 Persen!

JurnalPatroliNews – IKN – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah mencapai 80,82 persen menurut laporan terbaru per 25 April 2024. Informasi ini disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa.

“Pembangunan IKN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru Indonesia saat ini sudah mengalami kemajuan sebesar 80,82 persen dari target pembangunan tahap pertama,” katanya dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2024 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, dikutip Selasa (7/5/24).

Tahap awal pembangunan ini terutama fokus pada pengembangan inti pusat pemerintahan (KIPP) dengan beberapa infrastruktur utama. Beberapa di antaranya mencakup landmark seperti kawasan istana negara dan lapangan upacara, kawasan istana presiden, gedung kementerian koordinator, tempat tinggal jabatan menteri, dan rumah susun untuk aparatur sipil negara (ASN) dan anggota TNI/Polri.

Detail progres pembangunan menunjukkan pencapaian yang signifikan, dengan kawasan istana negara dan lapangan upacara mencapai 60,54 persen, kawasan istana presiden 80,95 persen, gedung kementerian koordinator 49,36 persen, tempat tinggal jabatan menteri 85,78 persen, dan rumah susun ASN dan anggota TNI/Polri 33,88 persen.

Tidak hanya infrastruktur fisik, tetapi juga aspek pertahanan, keamanan, infrastruktur sumber daya air, dan jaringan jalan utama termasuk jalan tol yang didanai oleh APBN juga menjadi fokus pembangunan.

Suharso menyatakan keyakinannya bahwa pembangunan IKN akan terus berlanjut sesuai rencana. Ini menjadi prioritas Kementerian PPN/Bappenas yang diamanatkan oleh Undang-Undang untuk memastikan kelangsungan pembangunan IKN.

“Kementerian Bappenas mengawal keberlanjutan perencanaan dan pembangunan IKN dan mendorong daerah mitra sebagai bagian prioritas pembangunan nasional yang tertuang dalam dokumen perencanaan jangka panjang untuk menjadi dokumen pemerintahan berikutnya,” tandasnya.

Komentar