RI Miliki Peran Strategis, Luhut Ungkap: Jokowi Maraton Bertemu Pemimpin Negara G20

JurnalPatroliNews – Bandung,- Presiden Joko Widodo disebut akan melakukan serangkaian pertemuan bilateral dengan berbagai negara saat puncak KTT G20 di Nusa Dua, Bali. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers Siap Sambut G20, Sabtu (12/11/2022).

“Ini terlihat dari banyaknya pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo dan permintaan Presiden untuk mengatur pertemuan bilateral,” kata Luhut.

Banyaknya permintaan pertemuan bilateral dalam puncak KTT G20 disebut menjadi bukti Indonesia memiliki peran strategis dalam percaturan global dan merupakan tempat investasi strategis.

Di antara pertemuan bilateral itu juga ada yang bersifat strategis. Salah satunya, pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping, yang menurut Luhut menjadi sesuatu yang dinantikan.

“Nanti ada pertemuan yang sangat strategis, kita tunggu dua hari lagi biar kejadian dulu baru ngomong. Ini akan menunjukkan Presiden Jokowi adalah presiden yang mampu kasih contoh,” ujar Luhut.

Seperti diketahui Amerika Serikat dan China akan dipertemukan pada KTT G20. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping akan bertemu untuk pertama kalinya secara fisik sejak 2,5 tahun.

Komentar