Sang Raja Jogo Bonito, Mungkin Ucapan Haaland Soal Pele  Memang Benar Adanya

JurnalPatroliNews – Manchester – Erling Haaland memberikan tribute untuk Pele yang baru saja meninggal dunia. Menurutnya, tak ada trik dalam sepakbola modern yang belum dilakukan legenda sepakbola Brasil itu sepanjang kariernya. 

“Segala hal yang pernah dilakukan pemain manapun, Pele sudah melakukannya duluan. Beristirahatlah dengan tenang,” cuit Haaland di akun media sosialnya, sebagai penghormatan kepada Pele yang baru saja wafat dalam usia 82 tahun. 

Haaland mungkin tak salah. Dalam video yang pernah viral di media sosial pada November 2021, muncul cuplikan aksi-aksi hebat dari para pesepakbola ternama yang sudah diakui publik sebagai legenda. 

Mulai dari Johann Cruyf, Ronaldo Luis Nazario, Zinedine Zidane, Andres Iniesta, sampai Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Berbagai trik dilakukan, mulai dari cara mengecoh pemain hingga aksi mencetak gol yang spektakuler. 

Namun setiap cuplikan aksi pemain-pemain itu selalu dibarengi dengan aksi Pele melakukan hal yang serupa, seolah mengingatkan bahwa ia sudah lebih dulu melakukannya ketika masih aktif bermain. 

Pele memang bukan pesepakbola sembarangan. Ia dijuluki sang raja jogo bonito (permainan indah), dan bersamanya, Brasil dikenal sebagai tanah sepakbola, negara dengan predikat pemilik trofi Piala Dunia terbanyak sepanjang sejarah. 

Pria bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu meninggal pada 29 Desember 2022 di Sao Paulo usai berjuang melawan penyakit kanker usus yang sudah menjalar ke organ-organ tubuh lain. Sebelumnya, ia dirawat intensif di rumah sakit selama sebulan terakhir. 

Sepanjang kariernya, ia pernah tiga kali memenangi Piala Dunia, dan sampai saat ini masih berstatus pencetak gol terbanyak Timnas Brasil (bersama Neymar) dengan torehan 77 gol. 

Komentar