Usai Proses Pemakaman Presiden Raisi, Pemimpin Hamas Temui Ayatollah Ali Khamenei. Bahas Apa?

Pada upacara penghormatan di Teheran pada Rabu (23/5/24), dihadiri oleh puluhan Pejabat tinggi dari 68 negara. Kedatangan mereka, disambut oleh Mohammad Mokhber, Presiden pengganti sementara, dan Ali Bagheri Kani, Menteri Luar Negeri sementara, setta Pejabat Pemerintah Iran lainnya.

Dikutip dari sumber berita Anadolu Ajansi, Pemimpin Negara yang tampak hadir yakni Emir Qatar Tamim bin Hamad Al Thani, Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani, Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif dan Perdana Menteri Azerbaijan Ali Asadov.

Nampak juga Presiden Tunisia Kais Saied, Presiden Suriah Bashar al-Assad, Presiden Tajikistan Emomali Rahmon dan ketua parlemen Lebanon, Aljazair, Kazakhstan, Ethiopia, Mali, Rusia dan Uzbekistan.

Kemudian ada juga Wakil Presiden Turki Cevdet Yilmaz dan Menteri Luar Negeri Hakan Fidan, turut hadir ambil bagian dalam upacara tersebut.

Nampak pula para Menteri Luar Negeri Lebanon, Mesir, Tunisia, Arab Saudi, Kuwait, Uzbekistan, Tajikistan, Belarus, Armenia, Azerbaijan, Sri Lanka, Afghanistan, Pakistan, Venezuela dan Yordania.

Adapun Ismail Haniyeh, Pemimpin Hamas, terlihat ada bersama pejabat lainnya, ambil bagian dalam upacara itu, dan mengadakan pertemuan dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei di sela-sela upacara pemakaman.

Saat ini, pihak berwenang Iran, telah memerintahkan untuk dilakukan penyidikan, dan mencari tahu penyebab insiden tersebut.

Komentar