Usut! Disinyalir Ada Pemburu Rente di Balik Banjirnya Barang Impor yang Bikin Presiden Geram

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) gusar mengetahui bahwa pengadaan barang dan jasa Pemerintah dibanjiri Produk Impor. Ia geram anggaran belanja Pemerintah sampai ratusan triliun kebanyakan dibelikan barang-barang Impor untuk kebutuhan operasional.

Bhima Yudhistira, Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), menilai, ada ulah pemburu rente impor dibalik peristiwa yang membuat Jokowi Kesal itu. Inilah salah satu biang kerok pengadaan barang dan jasa menggunakan barang impor daripada produk lokal.

Ia mengatakan, pemburu rente bekerja di tahap seleksi pengadaan barang dan jasa. Mereka kongkalikong agar barang lokal kalah dalam proses seleksi.

“Sejauh ini karena aturan belum tegas Implementasinya, muncullah pemburu rente di bidang pengadaan barang jasa. Pemburu rente ini kongkalikong dengan Importir agar barang lokal kalah dalam proses seleksi,” katanya, Minggu (27/3/22).

Ia melihat proses pengadaan barang dan jasa Pemerintah sebagai lahan basah Korupsi. Sebagai bukti, sepanjang 2021, dalam hal pengadaan barang dan jasa, sebanyak 30 kasus Korupsi diusut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Komentar