Buat dan Racik Bahan Peledak, Pria Ini Melawan Petugas Saat Dibekuk

JurnalPatroliNews – Jember,- Seorang pria berinisial MR (50) diciduk polisi di pinggir jalan Desa Sidomekar, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

MR dibekuk polisi lantaran kedapatan membawa enam kilogram bahan peledak. Tak hanya itu, warga Desa Patemon, Kecamatan Tanggul, tersebut juga membawa senjata tajam dan melawan petugas saat akan ditangkap.

“Penangkapan pelaku berawal dari kegiatan rutin unit Reskrim Polsek Semboro yang melakukan patroli antisipasi wilayah guna menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah kecamatan setempat,” kata Kapolsek Semboro AKP Fatchur Rahman, Selasa (30/3).

Menurut Fatchur, pelaku membuat dan meracik bahan peledak itu sendiri.

“Berdasarkan hasil berita acara pemeriksaan (BAP), bahan peledak itu telah dipesan oleh para pembelinya,” kata Fatchur.

Dari hasil penangkapan itu, Unit Reskrim Polsek Semboro mengamankan barang bukti berupa enam kilogram bubuk mesiu, 21 lembar kertas berlapis mesiu untuk sumbu peledak, dan 70 sumbu siap pakai.

Kemudian tempat warna hijau yang digunakan untuk mencampur bahan peledak, uang tunai Rp3,2 juta dan satu unit sepeda motor Yamaha Jupiter Nopol P-4935-GW milik tersangka.

“Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 1 ayat 1 Undang-undang Darurat RI No. 12 Tahun 1951,” katanya.

Dalam undang-undang tersebut menyebutkan barang siapa tanpa hak membuat, menerima, mencoba memperoleh, menyerahkan, atau mencoba menyerahkan, menguasai, membawa, mempunyai persediaan padanya, atau mempunyai dalam miliknya, menyimpan, mengangkut, menyembunyikan dan mempergunakan bahan peledak merupakan tindak pidana.

“Tersangka berikut barang bukti saat ini diamankan di rumah tahanan Polsek Semboro dan kami akan terus mengembangkan kasus itu, termasuk untuk mengungkap pemasok bahan peledak yang didapatkan tersangka,” ujarnya. (ant/jpnn)

Komentar