Nah Loh..! Saling Bantah, Brigjen Hendra dan Acay Beda Keterangan soal Perintah Sambo

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Dalam Persidangan Ferdy Sambo (FS), terungkap ada perbedaan keterangan dari saksi yang dihadirkan. Perbedaan itu terjadi, antara Brigjen Pol Hendra Kurniawan, dengan AKBP Ari Cahya (Acay), terkait perintah dari FS untuk mengecek CCTV usai penembakan Yosua.

Acay sendiri, dihadirkan sebagai saksi untuk Brigjen Pol Hendra, dan Kombes Agus Nurpatria, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (27/10/22).

Dalam keterangannya, Acay mengakui, bahwa dirinya datang ke rumah dinas Kadiv Propam di Duren Tiga, beberapa saat setelah Yosua dieksekusi pada 8 Juli 2022. Saat itu, Dirinya sempat memperhatikan beberapa CCTV di lokasi.

Ia mengaku, tak pernah mendapat perintah untuk mengamankan CCTV. Baik pada saat di Duren Tiga, maupun keesokan harinya pada 9 Juli 2022.

“Apakah Saudara saksi masih ingat ‘Cay permintaan Bang Sambo untuk CCTV sudah dicek belum?’,” tanya jaksa.

“Seingat saya tidak ada pembicaraan itu,” jawab Acay.

“Atau [perintah], ‘kalau belum, mumpung siang kamu skrinning’?” Cecar Jaksa.

“Setahu saya tidak ada,” lanjut Acay.

“Mungkin, karena posisi kami di atas tol laut itu sinyal kurang bagus, saya tidak mendengar itu,” jelas Acay, yang mengaku sedang berada di Bali saat itu.

Merujuk dakwaan Jaksa, saat itu Acay dihubungi oleh Hendra melalui ponsel Agus Nurpatria. Hendra mengingatkan soal perintah Sambo mengenai CCTV.

Sementara itu, Hendra keberatan atas kesaksian Acay tersebut. Menurutnya, Acay sudah mendapat arahan dari Sambo sejak di rumah Duren Tiga pada 8 Juli 2022.

Hendra menyebut, Sambo sudah memerintahkan agar CCTV dicek pada saat di rumah Duren Tiga. Ketika itu, Acay turut serta ada ketika Sambo memberikan arahan.

“Yang bersangkutan (Acay), ada,” ucap Hendra.

“Yang bersangkutan ini siapa?” tanya hakim.

“Saksi (Acay). Ngomongnya di Carport itu. Ada Carport, ada garasi. Saya bilang, nih orangnya ada,” ujar Hendra.

Hendra membeberkan, hal itu dipertegas dengan komunikasi telepon, pada saat Acay di Bali. Waktu itu, ia menyampaikan ‘silakan berkoordinasi dengan Kombes Agus’.

Komentar