Taat Aturan dan Hati-hati Berkendara, Maret-Mei 2023 Laka Lantas di Sulut Meningkat

JurnalPatroliNews – Manado – Angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di Sulawesi Utara dalam tiga bulan terakhir selang Maret hingga Mei mengalami kenaikan presentase yang cukup drastis.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto saat apel gelar pasukan operasi Patuh Samrat 2023 di lapangan komplek kawasan Megamas Manado, Senin (10/7/2023).

“Angka kecelakaan lalu lintas selama 3 bulan terakhir mengalami kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 87,25%, dari sejumlah 226 kecelakaan pada bulan Maret menjadi 231 kecelakaan pada bulan April dan 259 kecelakaan pada bulan Mei,” beber Irjen Pol Setyo.

Tak hanya presentase kecelakaan yang naik, jumlah korban meninggal akibat laka lantas juga ikut mengalami peningkatan.

“Untuk korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas juga mengalami kenaikan 70%,”ungkap Irjen Pol Setyo.

Untuk itu katanya, dalam rangka memelihara kondusifitas kamtibmas menjelang, pesta demokrasi Pemilu tahun 2024, Polri beserta seluruh jajaran, didukung kekuatan TNI, instansi terkait serta komponen masyarakat lainnya, menggelar Operasi Patuh Samrat – 2023.

“Operasi Patuh Samrat – 2023 ini digelar selama 14 hari, mulai tanggal 10 sampai dengan 23 juli 2023, yang difokuskan pada bidang lalu lintas, dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan penegakan hukum secara proporsional,” jelasnya.

Kapolda Irjen Pol Setyo Budiyanto berharap dengan pelaksanaan operasi ini, masyarakat bisa semakin tertib di jalan raya.

“Bisa lebih memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan, bukan hanya terhadap diri sendiri tetapi terhadap orang lain juga. Dan kita berharap angka pelanggaran dan juga angka kecelakaan semakin menurun,” harapnya.

Operasi ini juga katanya bisa menjadi sosialisasi dan literasi kepada masyarakat bahwa keamanan dan keselamatan berlalu lintas itu sangat penting dan tidak boleh dikesampingkan.

Komentar