2 Pembom AS Terbang di Atas Israel Menuju Teluk Persia

Jurnalpatrolinews – Beirut : Dua pembom militer Boeing B-52 Stratofortress Amerika terlihat pada hari Minggu terbang di atas wilayah udara Israel menuju ke Teluk Persia, menurut harian Israel Yedioth Ahronoth, Anadolu Agency melaporkan.

“Ini adalah kelima kalinya dalam beberapa bulan terakhir pesawat Amerika dengan model khusus ini terlihat lewat di daerah itu,” kata surat kabar itu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pada 7 Januari, surat kabar tersebut melaporkan bahwa dua pembom B-52 yang mampu membawa bom nuklir ditemani oleh pesawat tempur F-16 Amerika terbang di atas Israel untuk keempat kalinya dalam dua bulan.

Sehari kemudian, Kementerian Pertahanan Saudi merilis rekaman video yang menunjukkan Angkatan Udara Kerajaan Saudi dan Angkatan Udara AS melakukan latihan bersama yang melibatkan jet tempur F-15 Saudi, pembom AS B-52, dan pesawat tempur F-16.

Bulan lalu, dua pembom B-52 terbang di atas wilayah udara Israel sebagai bagian dari tampilan kekuatan Amerika terhadap Iran, untuk ketiga kalinya dalam satu setengah bulan.

Ketegangan meningkat antara AS dan Iran setelah pembunuhan ilmuwan nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh di Teheran pada November. Presiden Iran Hassan Rouhani menuduh Israel membunuh ilmuwan itu dan berjanji akan melakukan “pembalasan yang kuat”.

Komentar