8 Pesawat Tempur Tiongkok Terbang ke Bagian Barat Daya Zona Udara Taiwan

Jurnalpatrolinews – Taipei : Kementerian Pertahanan Taiwan mengklaim pada hari Jumat bahwa delapan pesawat tempur China terbang ke bagian barat daya zona pertahanan udaranya.

Angkatan udara Taiwan berebut pada hari Jumat setelah delapan pesawat tempur China terbang ke bagian barat daya zona pertahanan udaranya dalam tampilan lain dari aktivitas militer yang ditingkatkan di sekitar pulau demokrasi.

Beijing, yang menganggap Taiwan sebagai wilayah China, mengatakan pihaknya menanggapi apa yang disebutnya “kolusi” antara Taipei dan Washington, pendukung dan pemasok senjata internasional utama Taiwan.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan empat J-16 China dan empat JH-7 serta sebuah pesawat perang elektronik terbang di dekat Kepulauan Pratas yang dikendalikan Taiwan di bagian atas Laut China Selatan.

Angkatan udara bergegas, dengan “peringatan radio dikeluarkan dan sistem rudal pertahanan udara dikerahkan untuk memantau aktivitas tersebut,” kata kementerian itu.

Pesawat China terbang di sudut barat daya zona itu hampir setiap hari, meskipun aktivitas skala besar terakhir terjadi pada 24 Januari ketika 12 pejuang China terlibat. 

(***/. dd – mhr) 

Komentar