Angka Kelahiran Anjlok! Singapura Diguncang Resesi Seks, Ini Sebabnya… .!

Kota Termahal
Pada tahun 2022, EIU menempatkan Singapura sebagai kota termahal untuk ditinggali, berbagi posisi teratas dengan Kota New York, Amerika Serikat (AS).

Tak heran jika memiliki rumah bersama menjadi tantangan bagi pasangan muda. Menurut data CEIC, harga rumah di negara kota tersebut terus meningkat pesat, meningkat sebesar 7,5% year to year pada Juni 2023.

Apartemen perumahan umum, yang dikenal secara lokal sebagai flat HDB, juga memiliki permintaan yang tinggi tetapi pasokannya tidak mencukupi.

Mu Zheng, asisten profesor di departemen sosiologi dan antropologi di National University of Singapore, mengatakan hal ini hanyalah sebagian dari masalahnya, karena masih banyak biaya lain yang terkait dengan membesarkan anak di Singapura.

“Ada perasaan ketidakstabilan yang menyeret orang semakin jauh dari memiliki anak,” kata Zheng.

Working Mom
Tingginya biaya hidup di Singapura menyebabkan semakin banyaknya pasangan yang memiliki dua pendapatan (income) dan tidak memiliki anak.

Hal ini juga disebabkan oleh perubahan pola pikir dan semakin banyak pasangan yang bersedia mendahulukan karier mereka daripada menikah dan memiliki anak.

“Setelah perempuan mempunyai anak, mereka akan melihat perlambatan dalam kemajuan karir mereka. Banyak dari mereka yang mengambil keputusan untuk menunggu sampai mereka merasa aman dan stabil dalam pekerjaannya sehingga tidak ada ancaman serius terhadap pendapatan mereka jika mereka mengambil cuti dari pekerjaan,” kata Tan Poh Lin, peneliti senior di Institute of Policy Studies, Sekolah Kebijakan Publik Lee Kuan Yew.

Dass menyebut menunda pernikahan berarti orang-orang mungkin mendapat lebih banyak kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi, sehingga menyebabkan beberapa orang menjadi lebih selektif dan memiliki harapan lebih besar terhadap pasangan mereka di masa depan.

Pada tahun 2022, 36,2% penduduk berusia 25 tahun ke atas memiliki gelar sarjana, dibandingkan dengan 25,7% pada dekade lalu.

Komentar