Awas! Israel Temukan Cara Bikin Tentaranya Tidak Terlihat Lagi, Ini Buktinya

JurnalPatroliNews, Tel Aviv – Pemerintah Israel telah bekerja sama dengan kontraktor pertahanan untuk menciptakan matriks material baru yang dapat menyembunyikan tentara dari sensor inframerah, membuat mereka lebih sulit untuk dideteksi.

Sistem Kit 300 Polaris Defense adalah sistem “penyembunyian visual termal” yang menggunakan kombinasi “logam, serat mikro, dan polimer” untuk menutupi tanda termal seorang prajurit, menurut Business Insider, Rabu (30/6/2021).

Teknologi pencitraan termal menciptakan representasi visual dari suatu objek melalui inframerah tak terlihat (“radiasi panas”) yang dipancarkan objek. Jika objek itu memancarkan panas, pencitra termal akan menunjukkan gambarnya, dengan warna berbeda yang mewakili tingkat panas relatif.

Manusia berdarah panas, misalnya, akan muncul sebagai gumpalan berbentuk manusia, dengan tingkat detail halus tergantung pada ketajaman sensor. Sebuah tangki akan muncul sebagai objek berbentuk tangki, dan jika mesin tangki berjalan, mesin akan terlihat seperti titik “panas”.

Pencitra termal digunakan untuk memberi daya pada perangkat penglihatan malam modern. Tidak seperti teknologi penglihatan malam yang lebih tua, yang membutuhkan beberapa sumber cahaya (bahkan cahaya inframerah), pencitra termal tidak memerlukan cahaya sekitar sama sekali. Mereka hanya membutuhkan tingkat panas yang dapat dideteksi untuk berfungsi.

Ini berarti pencitra termal dapat mendeteksi orang, kendaraan lapis baja, dan bahkan menerbangkan pesawat pada malam tanpa bulan, tanpa lampu sorot inframerah, dan melalui layar asap.

Yang terakhir membuat pencitraan termal berguna bahkan selama kondisi siang hari, dan selama Perang Dingin, tank Amerika akan dengan mudah mendeteksi dan menyerang tank musuh yang bergerak melalui layar asap, seolah-olah mereka tidak ada di sana sama sekali.

Tetapi teknologinya tidak sempurna. Objek yang tidak memancarkan panas tidak muncul sama sekali di thermal imager. Sistem Kit 300, kemudian, dirancang untuk menghilangkan keberadaan termal seorang prajurit, sehingga membuat prajurit itu “tidak terlihat”—bagaimanapun juga dengan pencitra termal.

Bahan-bahan dalam sistem Kit 300 kemungkinan bertindak sebagai isolator, mencegah panas seorang prajurit bocor dari balik seprai.

Kit 300 tidak berhenti di situ. Seorang tentara bisa berdiri di tengah lapangan tandus yang tidak terlihat oleh pencitra termal, tetapi masih terlihat jelas dengan mata telanjang.

Sistem ini membuat tentara lebih sulit dikenali dalam pita cahaya visual dengan menggunakan warna kuno dan teknik kamuflase yang dirancang untuk memungkinkan pemakainya berbaur dengan medan di sekitarnya.

(wte)

Komentar