Hindari Dampak Perubahan Iklim, Emisi Batu Bara Bikin Pusing, IEA Ungkap ‘Obatnya’

“Kami sangat ingin melihat pembiayaan internasional untuk penghentian pembangkit batu bara secara perlahan tapi pasti. Jika tidak, akan sangat sulit untuk mengurangi emisi dari batu bara ke tingkat yang sesuai dengan target emisi kami termasuk target 1,5 derajat,” ujar dia dalam Coal in Net Zero Transitions: Strategies for Rapid, Secure and People-Centred Change, Selasa (15/11/2022).

Saat ini, setidaknya ada sekitar 9.000 PLTU di seluruh dunia dengan total kapasitas 2.185 gigawatt (GW). Adapun usia PLTU tersebut sangat bervariasi, di AS misalnya rata-rata lebih dari 40 tahun, sementara di negara berkembangan kurang dari 15 tahun.

Fasilitas industri yang menggunakan batu bara juga masih berumur panjang, dengan keputusan investasi yang akan dibuat dekade ini, maka penggunaan batu bara di industri berat selama beberapa dekade mendatang akan berlangsung.

Oleh sebab itu, peningkatan besar-besaran sumber pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT) disertai dengan peningkatan efisiensi energi di seluruh sistem merupakan kunci. Terutama untuk membuka pengurangan penggunaan batu bara untuk listrik dan untuk mengurangi emisi dari aset yang ada.

Komentar