Israel Pastikan Jalur Bantuan Kemanusiaan ke Gaza Tak Akan Ditutup, Bukan Hamas!

JurnalPatroliNews – Amerika Serikat – Pemerintah Israel meyakinkan tidak akan menghalang-halangi pengiriman bantuan ke Gaza melalui Mesir selama suplai yang dikirim tidak diserahkan ke Hamas.

Keputusan itu diambil setelah kunjungan kerja Presiden Amerika Serikat Joe Biden ke Negeri Bintang Daud, yang dilaporkan ikut membantu mengkoordinasikan bantuan.

Sebelumnya dalam pernyataan pada Rabu malam, 18 Oktober 2023, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan Israel tidak akan membiarkan bantuan apapun masuk jalur Gaza melalui territorial Israel.

Semua bantuan kemanusiaan (untuk Gaza) hanya boleh melalui Mesir selama isinya yang berupa bahan makanan, air dan obat-obatan diserahkan hanya ke warga sipil yang berada di selatan Jalur Gaza (bukan Hamas).

“Setiap bantuan yang ke tangan Hamas akan dicegah,” kata Netanyahu, yang menegaskan keputusan ini dibuat atas permintaan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.  

Biden melakukan kunjungan kerja ke Tel Aviv pada Rabu, 18 Oktober 2023, sebagai bentuk dukungan pada Israel di tengah ketegangan yang sedang berlangsung dengan Hamas di Gaza.

Serangan Hamas pada awal Oktober 2023 tercatat sangat mematikan, di mana Biden mengkaitkannya dengan serangan teroris 9/11 (11 September 2001).

Komentar