Izin Pengungsi Afghanistan di Kosovo Diperpanjang Hingga 31 Agustus 2023

JurnalPatroliNews – Pemerintah Kosovo berkomitmen untuk terus memberikan dukungan bagi pengungsi Afghanistan yang terjebak di pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di negaranya. Dari laporan Anadolu Agency, Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti akan memperpanjang persetujuan untuk menjadi tuan rumah bagi para pengungsi di pangkalan militer AS, Camp Bondsteel, hingga 31 Agustus 2023.

“Ini sudah menjadi tugas kemanusiaan kami untuk membantu para pengungsi dan orang-orang yang harus mengungsi karena mengalami kesulitan dan bencana,” ujarnya dalam konferensi pers bersama dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada Kamis (18/8).

Kurti menekankan negaranya berutang kewajiban terhadap sekutu, mitra, dan teman terpentingnya, yakni AS. Sebab, AS telah lama berkomitmen untuk membantu mengevakuasi warga Afghanistan yang melarikan diri dari kekejaman Taliban.

Lebih lanjut, ia juga berterima kasih kepada NATO atas kontribusinya terhadap kebebasan, rekonstruksi infrastruktur, keamanan negara serta warga Kosovo selama 23 tahun terakhir. Pihaknya juga menyatakan niat untuk bergabung dengan NATO dalam jangka panjang.

Komentar