Laporan : Pejabat Uni Eropa Mengawasi Saat Jet Tempur Yunani Mengejar F-16 Turki

  • Whatsapp

Jurnalpatroliinews – Athena : Pejabat Uni Eropa menyaksikan rekaman video pesawat tempur Yunani yang mencegat jet F-16 Turki yang melanggar wilayah udara Yunani selama konferensi yang diselenggarakan oleh Athena, kata Reporter Yunani  pada hari Sabtu.

Perwakilan Uni Eropa menyaksikan secara real-time ketika jet tempur Yunani lepas landas untuk mencegat dan mengejar F-16 Turki selama konferensi militer yang diadakan antara 2 November dan 6 November di Akademi Angkatan Udara Hellenic di distrik Tatoi Athena, Kata Reporter Yunani.

Bacaan Lainnya

Peristiwa itu memicu diskusi tentang tingkat ketegangan militer antara Turki dan Yunani, dua sekutu NATO, dan upaya Turki untuk “menghasilkan episode panas di Laut Aegea”, kata situs berita itu.

Jet Turki dan Yunani secara teratur terlibat dalam pertempuran udara tiruan karena perselisihan wilayah udara, tetapi jumlah insiden telah meningkat sejak tahun lalu karena perselisihan yang semakin intensif atas wilayah di Laut Aegea dan Mediterania. Ketegangan politik dan militer telah menimbulkan kekhawatiran di antara sekutu NATO kedua negara untuk keterlibatan militer langsung oleh angkatan udara atau angkatan laut mereka.

Turki telah berusaha untuk mengeksplorasi gas alam dan minyak di lepas pantai Siprus dan pulau-pulau Yunani, mendorong Yunani untuk mengerahkan kapal perang dan mengeluarkan pengaduan ke Uni Eropa.

Pos terkait