lmuwan Inggris Khawatir Vaksin Covid-19 Mungkin Tidak Berfungsi Pada Varian Afrika Selatan

Jurnalpatrolinews – London : Ilmuwan Inggris menyatakan keprihatinan pada hari Senin bahwa vaksin COVID-19 yang diluncurkan di Inggris mungkin tidak dapat melindungi dari varian baru virus korona yang muncul di Afrika Selatan dan telah menyebar secara internasional.

Baik Inggris dan Afrika Selatan telah mendeteksi varian baru virus penyebab COVID-19 yang lebih dapat ditularkan dalam beberapa minggu terakhir yang telah mendorong lonjakan kasus. Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan pada hari Senin bahwa dia sekarang sangat khawatir tentang varian yang diidentifikasi di Afrika Selatan.

Simon Clarke, seorang profesor mikrobiologi seluler di University of Reading, mengatakan bahwa meskipun kedua varian memiliki beberapa fitur baru yang sama, yang ditemukan di Afrika Selatan “memiliki sejumlah mutasi tambahan… yang mengkhawatirkan”.

Dia mengatakan ini termasuk perubahan yang lebih ekstensif pada bagian penting dari virus yang dikenal sebagai protein lonjakan – yang digunakan virus untuk menginfeksi sel manusia – dan “mungkin membuat virus kurang rentan terhadap respons kekebalan yang dipicu oleh vaksin.”

Lawrence Young, seorang ahli virologi dan profesor onkologi molekuler di Universitas Warwick, juga mencatat bahwa varian Afrika Selatan memiliki “mutasi lonjakan ganda.”

“Akumulasi lebih banyak mutasi lonjakan pada varian Afrika Selatan lebih memprihatinkan dan dapat menyebabkan beberapa pelarian dari perlindungan kekebalan,” katanya.

Ilmuwan termasuk CEO BioNTech Ugur Sahin dan John Bell, Profesor Regius Kedokteran di Universitas Oxford, mengatakan mereka sedang menguji vaksin terhadap varian baru dan mengatakan mereka dapat membuat perubahan yang diperlukan dalam waktu sekitar enam minggu.

Kesehatan Masyarakat Inggris mengatakan saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 tidak akan melindungi dari varian virus yang bermutasi. Kementerian kesehatan Inggris tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Negara-negara terkaya di dunia telah mulai memvaksinasi penduduk mereka untuk melindungi diri dari penyakit yang telah membunuh 1,8 juta orang dan menghancurkan ekonomi global.

Saat ini terdapat 60 kandidat vaksin dalam uji coba, termasuk yang sudah diluncurkan dari AstraZeneca dan Oxford, Pfizer dan BioNTech , Moderna , Sputnik V Rusia, dan Sinopharm China.

Para ilmuwan mengatakan varian Afrika Selatan dan Inggris dikaitkan dengan viral load yang lebih tinggi, yang berarti konsentrasi partikel virus yang lebih besar di tubuh pasien, kemungkinan berkontribusi pada peningkatan penularan.

Oxford’s Bell, yang menasihati gugus tugas vaksin pemerintah Inggris, mengatakan pada hari Minggu dia berpikir vaksin akan bekerja pada varian Inggris tetapi mengatakan ada “tanda tanya besar”, apakah mereka akan bekerja pada varian Afrika Selatan.

Sahin dari BioNTech mengatakan kepada Spiegel Jerman dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Jumat bahwa vaksin mereka, yang menggunakan messenger RNA untuk menginstruksikan sistem kekebalan manusia untuk melawan virus, harus dapat melindungi dari varian Inggris.

“Kami sedang menguji apakah vaksin kami juga bisa menetralkan varian ini dan akan segera tahu lebih banyak,” ujarnya.

Komentar