Momen Idul Adha Diwarnai Aksi Unjuk Rasa, Terjadi Pembakaran Al Quran di Swedia

JurnalPatroliNews – Swedia, – Aksi unjuk rasa terjadi di depan masjid pusat di Stockholm, Swedia saat perayaan Idul Adha. Satu dari dua pengunjuk rasa bahkan merobek dan membakar Al Quran sebagai bentuk pertentangan terhadap Islam.

Seperti dilansir dari Reuters, Kamis (29/6/2023), aksi ini disaksikan oleh 200 orang di lokasi. Al Quran tersebut dirobek, digunakan untuk menyeka sepatu pria tersebut lalu dibakar. Seseorang lainnya berteriak melalui megafon.

Hal ini membuat umat Islam tak terima. Secara bersamaan mereka teriakkan ‘Tuhan Maha Besar’ dalam bahasa Arab. Salah satunya mencoba melemparkan batu dan kemudian ditahan oleh Polisi setempat.

Perwakilan masjid kecewa dengan keputusan polisi untuk memberikan izin protes pada hari raya Idul Adha.

“Masjid menyarankan kepada polisi untuk setidaknya mengalihkan demonstrasi ke lokasi lain, yang dimungkinkan oleh undang-undang, tetapi mereka memilih untuk tidak melakukannya,” kata Direktur Masjid dan Imam Mahmoud Khalfi pada hari Rabu dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, polisi Swedia telah menolak beberapa permohonan untuk demonstrasi anti-Quran. Akan tetapi pengadilan telah menolak keputusan tersebut karena melanggar kebebasan berbicara.

Komentar