Pemberontak Houthi Bunuh Komandan Tertinggi Angkatan Darat Yaman

Jurnalpatrolinews – Sana’a : Seorang komandan militer senior dilaporkan tewas Senin dalam bentrokan dengan pemberontak Houthi di Yaman utara, menurut tentara Yaman.

Presiden Yaman Abdrabbuh Mansour Hadi mengeluarkan pesan belasungkawa atas pembunuhan kolonel tersebut.

” Kolonel al-Kutaybi menjadi martir dalam bentrokan dengan Houthi yang didukung Iran saat melakukan dinas militernya secara heroik,” kata Hadi.

Dalam beberapa hari terakhir, Houthi meningkatkan serangan mereka di wilayah tersebut untuk mengambil kendali provinsi Marib, salah satu benteng terpenting dari pemerintah yang sah dan merupakan rumah bagi markas besar Kementerian Pertahanan Yaman.

Pada 13 Februari, tentara Yaman melancarkan operasi skala besar melawan Houthi di berbagai front di Marib, menewaskan sejumlah besar pemberontak.

Yaman telah dilanda kekerasan dan ketidakstabilan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota Sanaa.

Sebuah koalisi yang dipimpin Saudi yang bertujuan memulihkan pemerintah Yaman telah memperburuk situasi, menyebabkan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia dengan 233.000 orang tewas, hampir 80% atau sekitar 30 juta membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan, dan lebih dari 13 juta dalam bahaya mati kelaparan, menurut perkiraan PBB.  (***/.dd-albawaba)

Komentar