Peringatan : Kelelawar China Membawa Virus Corona Jenis Lain

Jurnalpatrolinews – Beijing : Ahli virologi Shi Zhengli dari Wuhan, China, telah memperingatkan penyebaran virus Corona jenis baru.

Koran “The Guardian” mengutip ilmuwan yang mengatakan bahwa ” kelelawar yang hidup di daerah perbatasan di selatan dan barat daya China membawa jenis virus Corona lain, yang dapat ditularkan ke manusia.”

Ahli virus menekankan bahwa jenis baru infeksi virus korona, termasuk yang dekat dengan virus SARS-CoV-2, yang menyebabkan penyakit Covid-19, “kemungkinan besar menyebar di alam di luar China.”

“Kita harus mencarinya tidak hanya di China, tapi juga di negara-negara Asia Selatan,” kata Chengli.

Biasanya diyakini bahwa kelelawar sendiri adalah pembawa alami virus Corona, tetapi Chengli percaya bahwa kemungkinan besar ada hewan perantara yang menularkan virus dari kelelawar ke manusia.

Diyakini juga bahwa “trenggiling” bisa menjadi pembawa seperti itu. Tetapi tidak jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan virus untuk menular dari hewan ke manusia sebelum ditemukan tahun lalu.

Patut dicatat bahwa dunia sejauh ini mencatat 65,8 juta infeksi dan 1,52 juta kematian akibat virus Corona (Covid-19), yang muncul di Tiongkok pada akhir 2019. 

Komentar