Pertemuan Besar! WTO Desak Negara-negara Terima Paket Baru Perjanjian Perdagangan

JurnalPatroliNews – Jenewa,- Direktur jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Ngozi Okonjo-Iweala mempresentasikan serangkaian rancangan perjanjian perdagangan dan mendesak agar negara-negara menerimanya seiring pertemuan besar di WTO itu diperpanjang dengan lembur hingga hari kedua.

Paket perjanjian perdagangan yang dipresentasikan pada Jumat pagi itu mencakup janji tentang kesehatan, reformasi dan ketahanan pangan
Paket tersebut, yang oleh Ngozi Okonjo-Iweala digambarkan sebagai perjanjian yang “belum pernah terjadi sebelumnya”, tidak termasuk dua kesepakatan paling penting lainnya yang sedang dipertimbangkan, yakni terkait perikanan dan pengabaian sebagian hak kekayaan intelektual untuk obat-obatan COVID-19.

Namun, delegasi negara-negara mengatakan kedua kesepatan lain itu dapat ditambahkan nanti, dengan negosiasi yang sedang berlangsung di markas besar WTO di Jenewa menjelang pertemuan terakhir yang dijadwalkan pukul 01.00 (waktu setempat) pada Jumat.

Pertemuan WTO pekan ini yang dihadiri lebih dari 100 menteri perdagangan adalah konferensi pertama badan PBB tersebut dalam lebih dari empat tahun.

Komentar