Polda Bali Kerahkan 796 Personel Amankan Forum R20, Forum Agama Dan Sekte Sedunia

JurnalPatroliNews – Nusa Dua,– |Polda Bali menggelar operasi kepolisian dengan sandi Operasi Puri Agung IX-2022 untuk mengamankan jalannya G20 Religion Forum (R20) atau juga dikenal Religion of Twenty yang berlangsung di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, dari tanggal 1-3 November 2022.

Menurut keterangan pers Humas Polda Bali yang diterima media ini pada Rabu (2/11/2022) disebutkan dalam operasi selama 3 hari ini, Polda Bali menerjunkan sejumlah 796 personelnya untuk mengamankan kegiatan R20.

Polda Bali juga mendapatkan bantuan kendaraan listrik khusus untuk pengawalan tamu ,Selain itu,untuk patroli pengamanan di jalur lintasan, Polda Bali, mendapat bantuan 350 unit kendaraan roda dua dan 6 unit kendaraan roda empat itu keseluruhan kendaraan listrik jelasnya.

Polda Bali mempunyai peran penting untuk mengeliminir setiap potensi gangguan keamanan secara dini, mulai menjelang kegiatan, pada saat kegiatan dan pascakegiatan, dengan metode memetakan daerah-daerah yang memiliki potensi gangguan dan potensi konflik.

Selain itu melakukan tindakan pengamanan terhadap orang, barang, tempat dan kegiatan dari tindakan kelompok jaringan terorisme, mahasiswa/BEM, LSM, kelompok masyarakat dan kelompok ormas yang hendak mengganggu jalannya rangkaian kegiatan G20 Religion Forum (R20).

Personel Polda Bali yang bertugas diharapkan agar tetap memantau serta mengantisipasi sejak dini situasi yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas melalui kerja sama dengan TNI, pacalang, tokoh masyarakat serta pihak terkait lainnya.

Kegiatan pengamanan ini juga mengedepankan kegiatan preventif yang didukung kegiatan preemtif, proaktif, kegiatan intelijen dan kuratif guna mengamankan seluruh rangkaian kegiatan G20 Religion Forum (R20) sehingga dapat terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif aman, tertib, lancar dan sukses.

G20 Religion Forum (R20) atau juga dikenal dengan istilah Religion of Twenty adalah forum pertemuan para pemimpin agama dan sekte sedunia, guna menyatukan pandangan dan mencari jalan keluar dari berbagai persoalan global. Para peserta akan menyampaikan berbagai hal di dalam agama dalam menghadapi berbagai persoalan kemanusiaan.

Komentar