Setidaknya 6 Milisi Pro-Iran Tewas Dalam Serangan Udara Israel di Suriah

Jurnalpatrolinews – Damaskus : Setidaknya enam pejuang pro-Iran tewas dalam serangan rudal Israel yang diduga di Suriah Kamis malam, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan Jumat.

Semua yang terbunuh adalah warga negara asing yang beroperasi sebagai bagian dari pasukan paramiliter yang setia kepada rezim Bashar Assad.

Jumat pagi, media pemerintah Suriah SANA mengatakan pertahanan udara mencegat rudal Israel di atas provinsi barat Hama.

Media pemerintah merilis video dari kota Maysaf yang diduga menunjukkan pertahanan udara Suriah menghadapi “agresi Israel”.

Agence France-Presse melaporkan bahwa pesawat-pesawat tempur Israel terdengar di Lebanon tepat sebelum serangan.

“Pada pukul 12:40 pagi ini, musuh Israel melancarkan agresi dengan mengarahkan rentetan rudal dari utara kota Tripoli di Lebanon menuju daerah Masyaf di pedesaan barat Hama,” kata pernyataan militer Suriah.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan Israel menghancurkan gudang dan markas pusat penelitian ilmiah, yang menampung milisi Iran. Itu juga melaporkan ambulans tiba di tempat kejadian dan banyak korban.

Maysaf adalah rumah bagi beberapa instalasi militer penting untuk Suriah, dan merupakan situs serangan besar lainnya yang dikaitkan dengan Israel pada 4 Juni. Menurut sumber Suriah, Israel membunuh sembilan orang, termasuk pejuang yang didukung Iran.

Israel belum mengomentari serangan itu, tetapi telah mengatakan bahwa mereka tidak akan mentolerir milisi yang didukung Iran di Suriah.

Dalam beberapa tahun terakhir, Israel telah mengakui telah melakukan puluhan serangan udara di Suriah, sebagian besar ditujukan pada dugaan pengiriman senjata Iran yang diyakini menuju Hizbullah. Dalam beberapa bulan terakhir, para pejabat Israel telah menyatakan keprihatinannya bahwa Hizbullah berusaha membangun fasilitas produksi untuk membuat peluru kendali presisi.

Komentar