Singapura Akui Beri Subsidi Besar Demi Konser Taylor Swift

JurnalPatroliNews – Singapura – Singapura mengakui bahwa mereka telah memberikan hibah besar kepada Taylor Swift agar ia setuju untuk menggelar konser di Negara kota tersebut. Pengakuan ini datang dari otoritas pemerintah pada hari Selasa, (20/2/24).

Tujuan dari hibah ini adalah untuk membujuk Taylor Swift agar mau tampil di Singapura, yang merupakan satu-satunya tempat di Asia Tenggara di mana konser tersebut akan diselenggarakan. Konser ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Singapura.

Oleh karena itu, Taylor Swift dijadwalkan untuk tampil selama enam hari berturut-turut, yakni pada tanggal 2, 3, 4, 7, 8, dan 9 Maret 2024. Tiket untuk konser Taylor Swift telah terjual habis di Singapura.

Meskipun jumlah pasti dari hibah yang diberikan kepada Taylor Swift tidak diungkapkan oleh badan pariwisata dan kementerian kebudayaan, mereka menyatakan bahwa telah bekerja sama dengan promotor konser AEG Presents untuk membawa Taylor Swift ke Singapura.

“Hal ini kemungkinan besar akan menghasilkan manfaat yang signifikan bagi perekonomian Singapura, terutama bagi aktivitas pariwisata seperti perhotelan, ritel, perjalanan, dan kuliner, seperti yang terjadi di kota-kota lain di mana Taylor Swift pernah tampil,” kata badan pariwisata.

Lebih lanjut, Singapura telah menyaksikan peningkatan jumlah konser sejak berakhirnya masa lockdown. Artis-artis besar seperti Blackpink, Coldplay, dan Ed Sheeran telah sukses menggelar konser dengan tiket yang terjual habis.

Kehadiran Taylor Swift di Singapura telah menimbulkan kekhawatiran dari Perdana Menteri Thailand, Srettha Thavisin. Dalam sebuah forum bisnis pada hari Jumat, Srettha menyatakan bahwa Singapura membayar Taylor Swift sebesar 100 juta baht atau sekitar US$ 2,77 juta per pertunjukan. Pembayaran ini disertai dengan syarat bahwa Singapura akan menjadi satu-satunya tujuan bagi konser Taylor Swift di Asia Tenggara.

Diketahui, Pemerintah Singapura tidak mengomentari mengenai klausul eksklusivitas tersebut, namun AEG menyatakan bahwa konser Taylor Swift di Asia Tenggara hanya akan dilakukan di negara tersebut. Tiket VIP untuk konser Taylor Swift di Singapura dijual seharga S$ 1,228 atau sekitar Rp 13 juta.

Selain Singapura, Taylor Swift juga telah tampil di Tokyo pada awal bulan Februari. Lebih dari 300.000 tiket telah terjual untuk konsernya di Singapura.

Komentar