Taiwan Tegang! Rusia Tuding: Amerika Sedang Main Api

JurnalPatroliNews – Jakarta – Rusia menuding Amerika Serikat sedang bermain-main dengan api terkait sikap negara itu dengan Taiwan. Sedangkan Cina bertekad ingin mewujudkan reunifikasi yang damai dengan Taiwan dan akan mengambil langkah tegas untuk segala interfensi eksternal.

“Mereka sedang bermain-main dengan api soal Taiwan. Puncak dari hal itu, mereka menjanjikan dukungan militer pada Taiwan,” kata Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, Sabtu, 24 September 2022 di Sidang Umum PBB.  

Ketegangan di wilayah Taiwan meningkat setelah kunjungan kenegaraan pada Agustus 2022 lalu oleh Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi. Buntut dari lawatan itu, Cina melakukan latihan militer skala besar dan berjanji akan akan mempertahankan Taiwan, yang diklaim sebagai wilayah tak terpisahkan dari Cina.

Beberapa pekan sebelum Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi ke Ukraina pada Februari 2022, Putin dan Presiden Cina Xi Jinping mendeklarasikan kemitraan tanpa batas. Keduanya sepakat untuk lebih banyak berkolaborasi melawan Barat.

Putin secara eksplisit mendukung Cina atas Taiwan. Hal itu disampaikan pada akhir pekan lalu, di mana Putin menyatakan dukungan pada prinsip satu Cina.

“Kami mengutuk segala bentuk provokasi oleh Amerika Serikat dan satelit-satelit mereka di Selat Taiwan,” kata Putin.

Komentar