Takut Serangan Israel, Lusinan Pejuang Lokal Meninggalkan Milisi Iran, Bergabung Dengan Pasukan Yang Didukung Rusia di Deir ez-Zor

Jurnalpatrolinews – Deir Ez’zor : Sumber terpercaya telah menginformasikan Observatorium Suriah bahwa puluhan pejuang suku al-Bukamal dari pedesaan timur Deir ez-Zour, yang berafiliasi dengan milisi pro-Iran, telah meninggalkan milisi ini dan bergabung dengan Korps ke- 5 yang didirikan oleh Rusia, yang merupakan sangat hadir di daerah tersebut belakangan ini.

Menurut sumber Pengamatan Suriah, jumlah pejuang yang meninggalkan milisi pro-Iran dan bergabung dengan Korps Kelima telah mencapai hampir 34. Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat secara signifikan dalam beberapa hari mendatang. 

Pergeseran kesetiaan ini terjadi karena meningkatnya serangan terhadap pasukan Iran dan milisi setia mereka oleh Israel, khususnya terhadap Deir ez-Zor pada umumnya dan Al-Bukamal pada khususnya, yang terbaru terjadi beberapa hari yang lalu, di mana 57 orang telah terbunuh.

Pada November 2020, sumber SOHR mengatakan bahwa Iran secara nyata meningkatkan operasi perekrutan di daerah itu dari Al-Mayadin ke Al-Bokamal di pedesaan timur Deir Ezzor, yang sepenuhnya dikendalikan oleh pasukan Iran. 

Rusia, bagaimanapun, berusaha untuk mengurangi peran Iran, meluncurkan kampanye keamanan yang sering dengan milisi yang setia kepada Rusia dan rezim Suriah dan melakukan kunjungan berkala ke daerah yang dikuasai Iran; belum lagi pengetahuan Rusia sebelumnya tentang serangan Israel yang menargetkan Iran di wilayah Efrat barat.

Komentar