Tentara Turki Bersiap Menyerang Sinjar Irak

Jurnalpatrolinews – Beirut : Sumber informasi Kurdi di wilayah Kurdistan Irak telah mengatakan kepada situs berita Irak al-Maloumeh bahwa tentara Turki sedang mempersiapkan pasukannya di provinsi Duhok untuk melakukan operasi militer terhadap unsur-unsur Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di kota Irak utara dari Sinjar.

Turki sedang melatih pasukannya di pangkalan besarnya di daerah Kanimassi, yang menampung sekitar 2.500 tentara. Pangkalan ini juga memiliki bandara.

Mengacu pada kunjungan Menteri Pertahanan Turki ke Erbil baru-baru ini, sumber yang tidak mau disebutkan namanya itu mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kurdistan (KRG) telah menyetujui operasi di Sinjar.

Sumber itu menambahkan, pasukan Turki juga telah melakukan patroli pengintaian di sepanjang jalan Mahmoudiyah dan Snuneh yang menuju ke kota Sinjar untuk mengidentifikasi daerah yang akan dilancarkan operasi militer di Sinjar.

Perkembangan ini terjadi seminggu setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pekan lalu bahwa Turki dapat melakukan operasi bersama dengan Irak untuk membersihkan elemen PKK dari wilayah Sinjar. Erdogan menolak untuk mengkonfirmasi bahwa operasi semacam itu akan dilakukan dalam waktu dekat.

Presiden Turki mengatakan bahwa, “Kami mungkin datang ke sana dalam semalam, secara tiba-tiba.”

Komentar