Tepis Taliban, Pentagon Tegaskan Militer AS Masih Kuasai Bandara Kabul

Ilustrasi -- Tentara AS mengamankan bandara Kabul saat proses evakuasi berlangsung (dok. AP/Shekib Rahmani)

JurnalPatroliNews, Kabul – Pentagon atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) menepis klaim kelompok Taliban yang menyebut para petempurnya kini mengendalikan operasional bandara Kabul di Afghanistan. Ditegaskan Pentagon bahwa bandara Kabul masih sepenuhnya dikuasai oleh militer AS.

Seperti dilansir AFP dan CNN, Sabtu (28/8/2021), penegasan itu disampaikan oleh juru bicara Pentagon, John Kirby, setelah sejumlah laporan menyebut para petempur Taliban yang kini berkuasa di Afghanistan, telah memasuki fasilitas bandara yang sebelumnya diamankan tentara AS.

Bacaan Lainnya

Petempur Taliban diketahui bertugas menjaga keamanan perimeter bandara Kabul, saat proses evakuasi yang diamankan tentara AS berlangsung di dalam bandara dalam beberapa hari terakhir.

“Mereka tidak bertanggung jawab atas gerbang manapun, tidak bertanggung jawab atas operasional bandara. Itu masih di bawah kendali militer AS,” tegas Kirby.

Juru bicara Taliban, Bilal Karimi, pada Jumat (27/8) waktu setempat mengumumkan bahwa Taliban telah mengambil alih kendali atas sebagian bandara Kabul.

“Hari ini, tiga lokasi penting di bagian militer bandara Kabul dievakuasi oleh Amerika dan ada di bawah kendali Emirat Islam,” sebut Karimi dalam pernyataan via Twitter, menggunakan nama resmi pemerintahan Taliban.

“Sekarang, sebagian kecil tetap dikuasai Amerika,” imbuhnya.

Dalam pernyataan terpisah, seperti dilansir Reuters, dua tokoh senior Taliban menyatakan kelompoknya telah mengambil posisi dan siap mengambil alih kendali penuh paling cepat pada akhir pekan ini, saat seluruh tentara AS ditarik dari Afghanistan.
“Ini hanya masalah waktu,” sebut salah satu tokoh senior Taliban yang tidak disebut namanya itu.

“Segera setelah Amerika pergi, mereka hanya perlu memberi kami sinyal dan kami akan mengambil alih. Ini bisa dilakukan paling cepat akhir pekan ini,” imbuhnya.

(dtk)

Pos terkait