The Times : Hamas Menggunakan Pangkalan Perang Dunia Maya Di Turki Untuk Menargetkan Musuh

Jurnalpatrolinews – Gaza : Hamas menggunakan pangkalan rahasia di Turki untuk melakukan perang dunia maya dan operasi kontra-intelijen untuk menargetkan musuh-musuhnya, menurut laporan The Times yang berbicara dengan beberapa sumber intelijen barat.

The Times melaporkan bahwa pangkalan itu berbasis di Istanbul dan didirikan dua tahun lalu terpisah dari kantor resmi Hamas di kota Turki.

“Unit ini diarahkan oleh kepemimpinan militer Hamas di Gaza dan dibuka tanpa sepengetahuan pemerintah Turki,” tulis Anshel Pfeffer dari The Times.

“Operasinya tidak diketahui oleh anggota Hamas lainnya di Turki dan belum memberi tahu pemerintah Presiden Erdogan tentang kehadiran mereka, menurut sumber,” tulis Pfeffer.

Laporan The Times mengatakan bahwa pangkalan cyber Hamas di Istanbul diarahkan oleh tokoh senior Hamas Samakh Saraj dari Gaza dan yang terutama melapor kepada Yahya Sinwar, pemimpin kelompok saat ini.

“Ini mengoordinasikan operasi dunia maya melawan musuh Hamas di dunia Arab, termasuk saingan Otoritas Palestina yang berbasis di Gaza, dan kedutaan besar negara seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab yang terletak di Timur Tengah dan Eropa. Terakhir, ia mengawasi pengawasan, dan dalam beberapa kasus interogasi, terhadap orang-orang dalam barisan Hamas yang dicurigai tidak setia, ”tulis laporan The Times.

Agustus lalu, sebuah laporan oleh The Telegraph mengonfirmasi bahwa Turki memberikan kewarganegaraan kepada operasi senior di dalam sel militan Hamas. Telegraph mengatakan telah melihat surat kabar yang menunjukkan setidaknya satu dari 12 anggota senior Hamas di Turki telah menerima kewarganegaraan Turki dan nomor identitas.

Komentar