Xenophobia Jadi Penyebab Ekonomi China, Jepang, Rusia, dan India Bermasalah. Begini Kata Biden!

JurnalPatroliNews – Washington, – penyebab perekonomian Negara China, Jepang, Rusia, dan India menjadi terpuruk, adalah sikap Xenophobia (kebencian/ketakutan) terhadap migran.

Hal itu disampaikan Joe Biden, Presiden Amerika Serikat (AS), di acara penggalangan dana untuk kampanye Pilpres 2024, di Washington, Rabu (1/5/24).

Biden mengungkapkan, perekonomian AS bisa stabil, salah satunya karena mereka menyambut migran dengan baik, dan bisa membantu ekonomi Nasional.

“Mengapa perekonomian Tiongkok sangat terpuruk, mengapa Jepang mengalami kesulitan, mengapa Rusia, mengapa India, karena mereka xenofobia. Mereka tidak menginginkan imigran. Imigranlah yang membuat kami (AS) kuat,” ujarnya, seperti dilaporkan US News.

Menurut Dana Moneter Internasional (IMF) bulan lalu, setiap Negara akan mengalami perlambatan pertumbuhan pada tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya, berkisar dari 0,9 persen di Jepang yang sangat maju hingga 6,8 persen di Negara berkembang seperti India.

Sedangkan Amerika Serikat, ekonominya akan tumbuh sebesar 2,7 persen, sedikit lebih cepat dibandingkan pertumbuhan tahun lalu sebesar 2,5 persen.

Ketakutan mengenai migrasi yang tidak teratur, telah menjadi isu politik bagi banyak pemilih AS menjelang pemilihan Presiden bulan November mendatang.

Biden tengah berupaya menjalin hubungan ekonomi dan politik yang luas, dengan Negara-negara seperti Jepang dan India, untuk melawan pengaruh China dan Rusia di tingkat global.

Biden pun mengecam rotorika Donald Trump, lawannya dari Partai Republik yang anti-imigran.

Komentar