Kesehatan

Bukan Rasa Pedasnya Saja! Catat 6 Manfaat Cabai Dan Kandungan Gizi untuk Kesehatan

Beno
×

Bukan Rasa Pedasnya Saja! Catat 6 Manfaat Cabai Dan Kandungan Gizi untuk Kesehatan

Sebarkan artikel ini
(Foto: doch/net)

JurnalPatroliNews – Kesehatan,- Bergabagai macam manfaat mengkonsumsi cabai untuk kesehatan adalah menurunkan berat badan, meredakan nyeri, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mencegah penyakit jantung. Hal ini menjadikan cabai bersumber dari beragam nutrisi penting di dalamnya, seperti tinggi kandungan vitamin C, vitamin A, hingga antioksidan capsaicin.

Kehadiran cabai disetiap masakan yang kita konsumsi menjadi teman makan yang tidak bisa dipisahkan dari lidah kebanyakan orang Indonesia, namun cabai rupanya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena banyak mengandung vitamin C, bahkan lebih banyak dari jeruk.

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

Kandungan gizi cabai

Dalam 15 gram atau 1 sendok makn cabai merah mentah terkandung nutrisi penting sebagai berikut:

Kalori: 6

Air: 88%

Protein: 0,3 gram

Karbohidrat: 1,3 gram

Gula: 0,8 gram

Serat: 0,2 gram

Lemak: 0,1 gram

Cabai juga mengandung sejumlah vitamin yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti:

Vitamin C. Antioksidan yang berfungsi untuk membantu menyembuhkan luka dan menjaga daya tahan tubuh

Vitamin B6. Berperan dalam metabolisme energi

Vitamin K1. Berfungsi untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang serta ginjal

Manfaat cabai pun bisa bersumber dari kandungan senyawa tanaman antioksidan, seperti capsaicin, lutein, dan capsanthin yang ada di dalamnya..

Selain itu, kandungan  beta karoten pada cabai dapat berperan untuk mengubah nutrisi menjadi vitamin A. Ada juga kandungan mineral kalium dan tembaga yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, tulang, dan sistem saraf.

Manfaat cabai untuk kesehatan tubuh

Berbagai kandungan menyehatkan cabai membuat tanaman yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti berikut ini:

1. Menurunkan berat badan

Cabai merah dinilai bagus dikonsumsi saat diet karena kandungan capsaicin di dalamnya dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Studi lainnya menemukan bahwa cabai juga dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori di dalam tubuh.

Meski demikian, pastikan untuk tidak hanya mengonsumsi cabai atau makanan pedas saja saat sedang ingin menurunkan berat badan. Pastikan kamu mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur.

2. Pereda nyeri

Manfaat cabai sebagai pereda nyeri didapatkan dari kandungan capsaicin di dalamnya. Jika dikonsumsi dalam dosis tinggi, capsaicin bisa menurunkan kepekaan reseptor rasa sakit pada saraf dari waktu ke waktu.

Hal ini bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk merasakan rasa pedas dari cabai, hingga nyeri ulu hati yang disebabkan oleh refluks asam. Namun, efek capsaicin ini dinilai tidak permanen.

3. Membantu pemulihan saat sakit

Vitamin C sangat bagus untuk mendukung pemulihan ketika sedang sakit karena bisa meningkatkan kerja sistem imun. Tak heran, cabai juga dinilai bisa membantu pemulihan saat sakit. Pasalnya, kandungan vitamin C pada cabai tergolong tinggi, bahkan lebih banyak dibanding jeruk.

Setiap 100 gram cabai segar mengandung sekitar 144 mg vitamin C yang bisa mencukupi 240% kebutuhan vitamin C harian.

Selain itu, cabai merah juga mengandung beta karoten atau pro-vitamin A yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Editor: Beno*