Innalillahi, Beneran Rizal Ramli Meninggal Dunia?

JurnalPatroliNews Jakarta – Beredar tangkapan layar judul berita yang viral di aplikasi percakapan WhatsApp, berjudul “Jauh Sebelum Wafat, Rizal Ramli Pernah Minta Jokowi Lakukan Ini ke Rachmawati Soekarnoputri”.

Jika netizen membaca sekilas judul berita tersebut, maka akan meyangka Ekonom senior yang juga mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli benar meninggal dunia.

Namun, setelah ditelusuri, ternyata yang dimaksud berita tersebut orang yang meninggal adalah Rachmawati Soekarnoputri, bukan Rizal Ramli.

Sementara itu, dilansir Suara.com, Rabu (7/7/2021), Peneliti dan Penyuluh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Wisnu Sasangka mengatakan, jika dianalisa judul beritanya, yang meninggal adalah Rizal Ramli. Sehingga judul beritanya yang salah. Bukan netizen.

Ia mengatakan, dalam kalimat majemuk yang terdiri atas anak kalimat dan induk kalimat, subjek induk kalimat yang berupa kalimat aktif, biasanya berkaitan dengan predikat kata kerja pada anak kalimat sebelumnya.

Wisnu mencontohkan dengan judul “Karena ditinggal istrinya, Marjo membuatkan makanan untuk ibunya”. Jadi, yang ditinggal istrinya itu ialah Marjo, bukan ibu Marjo.

“Analoginya begitu,” ungkapnya.

Sementara itu diketahui, putri Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Sabtu 3 Juli 2021.

Kabar tersebut disampaikan Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

“Berita duka,. Innalilahi wa innaillaihi rojiun, Pada 3 Juli 2021, sekira Pk. 06.45 WIB, Telah wafat Ibu Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD,” kata Dasco.

Rachmawati yang lahir pada 27 September 1950 merupakan anak ketiga Soekarno dan Fatmawati memiliki nama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarnoputri.

Komentar