Anies Baswedan Sering Jadi Sorotan, Gara-gara Penyelenggaraan Formula E Bikin Gaduh

JurnalPatroliNews – Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah menjadi sorotan karena ikut terseret dugaan tindak korupsi penyelenggaraan Formula E di Ibu Kota. Hal ini membuat ia sempat dipanggil ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 7 September kemarin.

Terbaru Anies menjamin bahwa dirinya tak menerima uang serupiah pun dari dugaan kasus Formula E yang diusut KPK. Dia meminta pihak yang menuduhnya untuk membuktikan tuduhan tersebut.

Lalu, berapa dana yang dikeluarkan untuk ajang Formula E?

Biaya pelaksanaan Formula E setiap tahunnya yang dibayarkan Pemprov DKI ke Formula E melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), membutuhkan Rp 150 miliar.

Sementara, dikutip dari Antara, Jumat (27/5/2022), untuk pembangunan sirkuit Formula E di Kawasan Ancol mengeluarkan anggaran sekitar Rp 60 miliar. Jumlah tersebut menggunakan sumber dana dari Jakpro.

“Untuk aspalnya, kan sudah tahu hampir Rp 60 miliar, selebihnya pembangunan grandstand dan segala macamnya,” ujar Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni.

Pembangunan sirkuit Formula E sepanjang 2,4 kilometer itu, dilaksanakan oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama. Sirkuit ini memiliki 18 tikungan, dengan bentuk menyerupai kuda lumping. Selain biaya membangun sirkuit, panitia juga membangun fasilitas pendukung lainnya seperti panggung penonton, garasi pembalap (paddock) dan fasilitas lainnya.

Komentar