Kementerian PUPR Dorong Rest Area Sajikan Produk Lokal Karakteristik Khas Daerah

Tim Ahli/Pakar Penilaian Jalan Tol Berkelanjutan Endang Setyaningrum mengatakan, tol Sigli – Banda Aceh sepanjang 74,3 km merupakan salahsatu Proyek Strategis Nasional (PSN). Dari 6 seksi tersebut, telah beroperasi Seksi 3 Jantho – Indrapuri (16 km), Seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang (14 km). 

“Meskipun telah beroperasi, masih perlu dilakukan pembenahan, baik dari segi keamanan maupun kenyamanan bagi pengendara, misalnya agar segera dibangun secepatnya Rest Area agar bisa dimanfaatkan untuk pengguna jalan,” ujar Endang Setyaningrum.

Menurut Endang Setyaningrum, dibangunnya Rest Area selain harus dapat memberikan manfaat ekonomi yang nyata bagi perekonomian masyarakat lokal, juga perlu diperhatikan aspek manajemen pengelolaan sampah, penghijauan, pengelolaan limbah, dan sistem drainasenya. 

Sementara Kepala Cabang Ruas Tol Sigli – Banda Aceh Jarot Seno Wibawa mengatakan, setahun telah beroperasi pihaknya terus melalukan pembenahan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi para pengendara,” kami telah memasang CCTV di 61 titik, 2 unit mobil derek, 2 unit mobil ambulan, 2 unit mobil PJR, 3 unit mobil LJT, dan 2 unit mobil Kamtib,” ujar Jarot Seno Wibawa.

Menurut Jarot Seno Wibawa, pada seksi 3 dan 4 tersebut akan dilengkapi 2 buah Rest Area yaitu di KM 54+000 A dan B dan KM 37+000 A dan B. Setiap Rest Area dilengkapi dengan SPBU, restoran, mushola, toilet, dan kios-kios untuk UMKM,” Insaallah Rest Area akan kita bangun pada tahun depan,” ucap Jarot aseno Wibawa. 

Komentar