Ingat…! Jangan Berani Posting Selfie KTP di Medsos Akan Berbahaya Besar

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Sangat banyak kita jumpai kebiasaan orang melakukan posting foto selfie bersama indentitas KTP di media Sosial, sebenarnya perilaku ini adalah ancaman akan kerugian dan berbahaya. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan masyarakat kebiasaan buruk ini sebaiknya tidak dilakukan.

Peringatan ini dalam unggahan di akun Twitternya, OJK menjelaskan posting selfie KTP di media sosial sangat berbahaya. Sebab data pribadi itu bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

OJK mengatakan untuk menjaga data pribadi. Termasuk saat berada di media sosial.

“Posting Selfie KTP di Medsos? Eits Itu Berbahaya. Sobat OJK, menjaga data pribadi sangat penting, termasuk di media sosial,” tulis OJK dalam akun Instagramnya, dikutip Senin (26/9/2022).

“Jangan pernah posting selfie menggunakan KTP di media sosial ya. Data kamu bisa disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Yuk #JagaDataPribadi, Amankan Keuangan Kita”.

Data KTP bisa dimanfaatkan untuk tindak kejahatan lain. Apalagi di dalamnya berisi nama, alamat lengkap dan tanggal lahir orang tersebut.

Salah satu tindakan kejahatan misalnya saja membuka rekening dengan KTP palsu dan pada kahirnya melakukan pinjaman online. Risiko ini juga terjadi saat kebocoran data termasuk pada KTP terjadi di beberapa instansi.

Komentar