Kapolda Sulut Dampingi Kapolda Papua Supervisi Siswa Diktukba 2.000 Noken TA 2021

JurnalPatroliNews – Manado, – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno menyambut kedatangan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Acara ini dalam rangka Supervisi Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) 2.000 Noken Polda Papua Tahun Anggaran (TA) 2021 di Polda Sulut, Sabtu (27/11) pagi.

Usai penyambutan sekaligus pertemuan di Mapolda Sulut, Kapolda Sulut dan Kapolda Papua didampingi beberapa Pejabat Utama masing-masing Polda, melaksanakan supervisi di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulut, Karombasan Manado.

Kedatangan Kapolda Sulut dan Kapolda Papua di SPN disambut dengan lagu dan tarian khas Papua, yang dipersembahkan oleh para peserta didik asal Papua, yang sedang menjalani Diktukba di SPN Polda Sulut.

Dilanjutkan penyampaian arahan di Ruang Tribrata SPN Polda Sulut.

Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno dalam sambutannya, menyatakan bangga mendapat titipan peserta didik asal Papua yang berjumlah 45 orang.

“Walaupun jumlahnya sedikit, anda telah menghadirkan Tanah Papua di sini,” ujar Irjen Pol Mulyatno, disambut aplaus antusias para peserta didik.

Lanjutnya, Indonesia adalah negara yang memiliki jumlah pulau terbanyak di dunia, yakni 17.504 pulau.

“Kita adalah bangsa yang paling mejemuk di dunia. Kita memiliki 1.340 suku bangsa, dan juga banyak keragaman. Kita memang diciptakan penuh dengan keperbedaan. Namun, Indonesia besar bukan karena persamaan, tetapi karena perbedaan. Oleh karena itu mari kita syukuri, kita terima perbedaan itu sebagai perekat pemersatu bangsa kita,” tuturnya memotivasi.

Mulyatno mengajak para peserta didik asal Papua untuk bersyukur dan bangga karena akan dilantik menjadi Anggota Polri pada 22 Desember mendatang.

“Walaupun menjalani pendidikan dalam waktu singkat, tetapi di sini anda bisa belajar, memahami, dan merasakan beragamnya bangsa Indonesia. Kita dari bangsa yang beragam ini mencari titik temu persatuan dari bangsa Indonesia yang majemuk. Lalu dipertemukan dan dipersatukan dengan Pancasila. Oleh karena itu kita sebagai warga negara Indonesia harus selalu patuh dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ajaknya.

Mulyatno berharap, ilmu yang diperoleh selama menjalani masa pendidikan di SPN Polda Sulut ini hendaknya dijadikan bekal dalam nanti melaksanakan tugas-tugas kepolisian maupun dalam bersosialisasi dengan masyarakat.

“Sebagai Anggota Polri harus selalu meningkatkan kualitas dan memiliki keunggulan dan daya saing, agar Polri semakin hebat, modern, terpercaya, dan dicintai masyarakat, demi terwujudnya Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan,” tutup Irjen Pol Mulyatno.

Sementara itu Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri saat mengawali arahannya, mengapresiasi Polda Sulut yang telah mendidik dan membimbing para peserta didik asal Papua.

Komentar