Sabtu Umanis Pujut, Kalender Bali, 4 Februari 2023 Baik Membuat Alat-alat Berjualan

JurnalPatroliNews – Denpasar – Sabtu 4 Februari 2023 adalah Sabtu Umanis wuku Pujut menurut kalender Bali. Di mana menurut kepercayaan masyarakat Bali, setiap hari memiliki baik dan buruk atau ala ayuning dewasa.Hal ini karena dipengaruhi oleh beberapa hal, termasuk kala saat hari tersebut.

Oleh karenanya, setiap akan melaksanakan kegiatan tertentu mulai dari yadnya dan segala jenis pembangunan perlu memperhatikan ala ayuning dewasa. Karena dipercaya, jika melakukan sesuatu tanpa didasari oleh dewasa akan mengganggu kehidupan, terjadi hal yang buruk, atau bahkan ada yang percaya akan menjadi penyebab kematian. Untuk Sabtu 4 Februari 2023, inilah ala ayuning dewasa menurut kalender Bali.

Kajeng Rendetan, baik untuk menanam tumbuhan yang menghasilkan buah. Kala Caplokan, baik untuk membuat alat-alat penangkap ikan seperti pancing (kail), jala, jaring, bubu, bahan untuk umpan. Kala Dangastra, baik untuk membangun tembok pekarangan, membuat alat-alat penangkap ikan. Tidak baik untuk memulai pekerjaan penting, tidak baik melakukan upacara (gawe ayu). Kala Gotongan, baik untuk memulai suatu usaha. Tidak baik untuk mengubur atau membakar mayat.

Kala Jengking, baik untuk mulai belajar menari, menabuh, membuat bubu, seser, jaring. Tidak baik untuk Manusa Yadnya, nikah, upacara potong rambut. Kala Siyung, tidak baik, hari ini harus diwaspadai karena mengandung pengaruh buas. Kala Sor, tidak baik untuk bekerja hubungannya dengan dengan tanah seperti membajak, bercocok tanam, membuat terowongan. Kala Sudukan, tidak baik untuk memindahkan orang sakit, menunjukkan unsur perombakan.

Kala Tampak, tidak baik untuk dewasa nikah (perkawinan). Kala Temah, tidak baik untuk dewasa ayu. Panca Prawani, tidak baik dipakai dewasa ayu. Purwani, tidak baik dipakai dewasa. Rangda Tiga, tidak baik melakukan upacara pawiwahan. Srigati, baik untuk menyimpan padi di lumbung dan menurunkan padi dari lumbung.

Srigati Munggah, baik untuk membibit/menanam padi, membuat alat-alat berjualan, membuat pahat, menyimpan padi atau upacara padi li lumbung. Tidak baik meminjam sesuatu, menjual beli beras. Uncal Balung, tidak baik melakukan semua jenis pekerjaan yang dianggap penting.

Komentar