Stabilkan Harga Pangan, Pemkab Buleleng Gelar Gerakan Pangan Murah

JurnalPatroliNews.co.id – Singaraja,- Kestabilan harga pangan terutama jelang hari raya, menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Buleleng. Sejalan dengan itu, Gerakan Pangan Murah (GPM) dilaksanakan guna menjaga kestabilan stok dan harga pangan.

Kegiatan yang berlangsung di Pasar Anyar, pada Senin, (26/6/2023), itu dibuka dan ditinjau langsung oleh Penjabat (PJ) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng I Gede Putra Aryana.

Banyak produk pangan yang dijual pada GPM tersebut meliputi beras, telur ayam, daging ayam, minyak goreng, cabai, bawang merah, bawang putih, dan buah lokal. Pedagang yang dilibatkan tidak hanya usaha dagang swasta, namun juga perusahaan umum daerah, UMKM, dan kelompok wanita tani.

GPM tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan pangan kepada 52.334 keluarga penerima manfaat di Kabupaten Buleleng. Kepada perwakilan keluarga penerima manfaat dari kelurahan terdekat, bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh PJ Lihadnyana, Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa.

Di sela-sela peninjauan, Lihadnyana mengatakan kegiatan GPM ini merupakan acara serentak yang digelar pada 256 kabupaten/kota di Indonesia dikoordinir oleh Badan Pangan Nasional.

Tujuannya tidak lain adalah untuk memastikan tidak terdapat masalah baik pada stok maupun persediaan pangan di Kabupaten Buleleng dengan menyediakan produk pangan harga terjangkau kepada masyarakat.

Namun, dirinya menegaskan kegiatan ini tidak menjadi kompetitor bagi pedagang produk pangan di pasar, melainkan menjadi sinergi dengan para pedagang dalam mewujudkan kestabilan stok dan harga pangan di Kabupaten Buleleng. Untuk itu, Lihadnyana telah memberikan instruksi kepada Kepala DKPP Kabupaten Buleleng agar terus meningkatkan peran

“Pemerintah dengan pedagang kerjasama, nanti dia lah yang kita sisipkan untuk program-program pangan murah,” jelasnya.

Komentar