Cegah Penumpukan Kendaraan Arus Balik Lebaran, Polri Siapkan 5 Rute Alternatif Jakarta-Bandung Saat One Way Diberlakukan

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Mengantisipasi lonjakan kepadatan lalu lintas pada arus balik mudik Lebaran 2022, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), telah menyiapkan langkah-langkah bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub), serta pemangku kepentingan lainnya, untuk mengupayakan keamanan, keselamatan dan kenyamanan pemudik.

Irjen Dedi Prasetyo, Kepala Divisi Humas Polri, menjelaskan, langkah-langkha yang akan dilakukan mengantisipasi kemacetean arus balik mudik adalah dengan memberlakukan sistem satu arah (One Way).

“Pertama, penerapan rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah atau one way,” jelasnya, kepada wartawan, Rabu (4/5/22).

Ia mengatakan, jika volume kendaraan menuju Jakarta sangat padat, akan dilakukan One Way dari tanggal 6 Mei 2022, sejak pukul 14.00 sampai 24.00 WIB, mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Km 414 sampai dengan Tol Cikampek Km 47, serta diteruskan contraflow sampai dengan Km 28,5.

Ia menuturkan, rekayasa ini juga berlaku dan bersifat situasional, mengikuti situasi saat puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022.

Berikutnya, Polri juga akan menyiapkan lima rute Alternatif dari Jakarta menuju Bandung saat diberlakukan sistem One Way.

“Mengimbau kepada masyarakat, untuk menggunakan rute Alternatif, dan tidak menunggu selesainya One Way di entry gerbang tol, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan,” imbaunya.

Selain itu, Polri dengan Stakeholders terkait, akan melakukan Implementasi manajemen tempat istirahat atau rest area, yakni Rest Area Management System (RAMS).

Hal ini dilakukan, untuk menginformasikan kapasitas parkir kepada pengendaran sebelum masuk rest area.

Berikut 5 Rute Alternatif yang disiapkan Polri:

Komentar